Mal Pelayanan Publik Wonogiri Senilai Rp 14 Miliar Mulai Dibangun

Muhammad Aris Munandar - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 14:40 WIB
Pengecoran tiang pertama Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Wonogiri.
Pengecoran tiang pertama Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Wonogiri. Foto: Dok Humas Pemkab Wonogiri.
Wonogiri -

Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Wonogiri mulai dibangun. Pembangunan gedung senilai Rp 14 miliar itu dilakukan di lahan bekas bioskop.

"Sudah mulai dibangun (Gedung MPP). Hari ini Bapak Bupati (Joko Sutopo) secara langsung mengecor tiang pertama gedung," kata Kepala Dinas Kepemudaan, Pariwisata dan Olahraga (Disporapar), Haryanto kepada detikJateng, Sabtu (13/8/2022).

Gedung MPP Wonogiri dibangun di lahan Gedung Giri Cahaya. Bekas gedung film itu telah dibongkar pada Juni lalu. Lokasinya berada di Jalan Jendral Sudirman Kota Wonogiri atau di depan Markas Kodim 0728/Wonogiri.


Menurutnya, waktu pengerjaan atau pembangunan gedung itu selama 4,5 bulan. Sekitar pertengahan Desember ditargetkan sudah selesai dan selanjutnya bisa diresmikan. Bangunan itu terdiri dari dua lantai yang di dalamnya akan ada 26 booth pelayanan.

Rencananya lantai satu akan digunakan untuk MPP dan ruang penampilan UMKM Wonogiri. Sedangkan di lantai dua akan digunakan untuk food court dan ekonomi kreatif.

"Pembangunan gedung ini menelan anggaran sebesar Rp14 Miliar. Anggaran itu bersumber dari APBD (Anggaran pendapatan belanja daerah) dan DAK (Dana Alokasi Khusus)," kata Haryanto.

Belum lama ini Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, pembangunan MPP dilakukan untuk peningkatan kualitas pelayanan dan atas pertimbangan serta masukan dari berbagai pihak. Gedung Giri Cahaya dipilih sebagai lokasi MPP karena dinilai strategis.

Bupati yang akrab disapa Jekek itu mengatakan, lahan yang digunakan untuk membangun MPP merupakan aset dari Pemkab Wonogiri. Sedangkan pengelolaan gedung dilakukan oleh Disporapar Wonogiri.

"Pembangunan MPP harus dimaknai sebagai sebuah komitmen Wonogiri. Salah satunya sebagai daerah yang terbuka untuk investasi. MPP ini merepresentasikan komitmen Pemkab Wonogiri kepada semua pihak yang berkepentingan untuk mengurus perizinan. Sehingga akan mempermudah dan mempercepat pelayanan yang diberikan," kata Jekek.



Simak Video "Mudahkan Pelayanan Publik, Pemkot Bandung Tambah MPP di Pusat Kota"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/dil)