Mengenal Anthoni Salim, Pemilik Indomaret yang Menjamur Seantero Indonesia

Tim detikFinance - detikJateng
Selasa, 09 Agu 2022 10:33 WIB
Anthoni Salim
Anthoni Salim (Foto: Dok. Forbes)
Solo -

Anda pasti tak asing lagi dengan minimarket Indomaret. Saat ini sudah terdapat 19.891 gerai Indomaret di seluruh Indonesia. Namun mungkin Anda belum tahu bahwa pemiliknya adalah orang terkaya ketiga di Indonesia. Dia adalah Anthoni Salim, bos dari Grup Salim.

Anthoni Salim adalah bos dari perusahaan jaringan retail Indomaret. Dia juga pengendali utama bisnis mie instan Indofood yang merupakan produsen Indomie, mie instan terbesar dan paling populer di tanah air, bahkan merambah di sejumlah negara di dunia.

Situs resmi indomaret.co.id menyebut bahwa pada Maret 2022 terdapat 19.891 gerai Indomaret di Indonesia. Ribuan gerai minimarket tersebut tersebar luas di seluruh daerah di Indonesia.


Anthoni memang bukan ujug-ujug saja menjadi pengusaha. Dia berasal dari Grup Salim, yang memiliki investasi luas di bidang makanan, ritel, perbankan, telekomunikasi, dan energi. Keluarga Salim juga memiliki saham di perusahaan investasi yang terdaftar di Hong Kong, First Pacific, yang memiliki aset sebesar US$ 27 miliar di enam negara.

Berdasarkan laporan dari Forbes seperti dikutip detikFinance, Anthoni Salim dan keluarga memiliki total kekayaan hingga US$ 8,5 miliar atau setara dengan Rp 127,5 triliun (berdasarkan kurs dolar saat ini, Rp 15.000/dolar AS).

Dengan total aset kekayaan sebesar itu, Anthoni dan keluarga sekarang ini berada di posisi ketiga daftar orang terkaya RI versi Forbes, tepat berada di bawah R Budi & Michael Hartono dan keluarga Widjaja.

Anthoni adalah bungsu dari tiga bersaudara anak Liem Sioe Liong. Liem dikenal luas sebagai taipan yang namanya sudah menjulang sejak Orde Baru.

Setelah Soeharto lengser dari kekuasaannya pada tahun 1998, keluarga Salim sempat kehilangan kendali mereka pada Bank Central Asia (BCA).



Simak Video "Kontroversi Tukang Parkir di Indomaret, Dibutuhkan atau Tidak?"
[Gambas:Video 20detik]
(mbr/sip)