109 Unit Motor-Mobil Dinas Pemkab Klaten Akan Dilelang, Ini Datanya

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Selasa, 19 Jul 2022 15:10 WIB
Kendaraan dinas milik Pemkab Klaten yang rusak dan akan dilelang, Selasa (19/7/2022).
Kendaraan dinas milik Pemkab Klaten yang rusak dan akan dilelang, Selasa (19/7/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Pemkab Klaten akan melelang 109 unit kendaraan dinas jenis sepeda motor dan mobil. Simak berikut ini penjelasannya.

"Yang akan dilelang jumlah total 109. Sepeda motor ada 64 unit dan kendaraan roda empat ada 45 unit," kata Kabid Aset Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Pemkab Klaten Agustina Wulandari kepada detikJateng di kantornya, Selasa (19/7/2022).

Agustina menjelaskan 109 unit kendaraan tersebut berasal dari berbagai instansi. Usia kendaraan beragam, ada yang buatan tahun 1970-an.


"Untuk motor ada yang tahun 1976, 1980, 1981, 1985 dan sekitar itu. Demikian juga mobilnya dengan kondisi yang bermacam-macam," jelas Agustina.

Dari hasil pengecekan tim Dinas Perhubungan dan Samsat, ucap Agustina, kondisi kendaraan yang akan dilelang ini ada yang rusak berat dan ada yang sedang.

"Macam-macam kondisinya, ada 20 persen dan ada yang masih 30 persen. Sampai hari ini baru sampai tahap penilaian tim Dishub dan Samsat," sebutnya.

Kendaraan dinas milik Pemkab Klaten yang rusak dan akan dilelang, Selasa (19/7/2022).Kendaraan dinas milik Pemkab Klaten yang rusak dan akan dilelang, Selasa (19/7/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Setelah penilaian selesai, lanjutnya, hasilnya akan disampaikan ke Bupati Klaten untuk penetapan SK. Begitu SK turun akan diajukan ke Kantor Pelayanan Kekayaan dan Lelang Negara (KPKNL).

"Setelah ada SK kita baru ke KPKNL, jadwalnya kapan mereka yang menentukan. Yang jelas lelang tahun ini tapi bulan apa kita tidak bisa memastikan," ujarnya.

Agustina menyebut proses lelang akan dilakukan secara online. Uang hasil lelang akan langsung masuk ke kas daerah.

"Hasil langsung akan ditransfer KPKNL ke kas daerah. Tidak ada target karena itu barang rusak, kita memelihara juga tidak bisa," papar Agustina.

Motor dinas Pemkab Klaten yang akan dilelang, Selasa (19/7/2022).Motor dinas Pemkab Klaten yang akan dilelang, Selasa (19/7/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti lelang harus mendaftar online. Pendaftaran dilakukan setelah keluar jadwal lelang dari KPKNL.

"Setelah mendapat jadwal lelang, kita umumkan di papan pengumuman Pemkab. Jumlah kendaraan yang dilelang lebih banyak tahun ini dibandingkan 2018," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, seratusan kendaraan pelat merah terparkir di beberapa sudut kompleks kantor Pemkab Klaten. Kendaraan roda dua dan empat itu merupakan aset Pemkab yang lama tak terpakai.

Pantauan detikJateng ada tiga titik lokasi parkir kendaraan pelat pemerintah tersebut. Yaitu di basement gedung timur kantor Bupati, belakang Dinas Pendidikan, dan di timur kantor Dukcapil.



Simak Video "Kerangka Dinosaurus Kecil Dijual, Tingginya 1,3 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/mbr)