Pelita Air Kini Layani Penerbangan di YIA, Simak Jadwal dan Rutenya

Jalu Rahman Dewantara - detikJateng
Senin, 20 Jun 2022 12:56 WIB
Prosesi water salute menyambut operasional perdana Pelita Air di YIA, Kulon Progo, DIY, Senin (20/6/2022).
Prosesi water salute menyambut operasional perdana Pelita Air di YIA, Kulon Progo, DIY, Senin (20/6/2022). (Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikJateng)
Kulon Progo -

Pelita Air kini melayani penerbangan di Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Maskapai milik PT Pertamina Persero ini menempuh rute Jakarta-Yogyakarta dan sebaliknya.

Operasional perdana Pelita Air di YIA dilangsungkan pada Senin (20/6/2022) pagi. Mengangkut 120 penumpang, pesawat tiba di landasan pacu YIA sekitar pukul 08.00 WIB dengan disambut tradisi water salute.

Direktur Utama PT Pelita Air Service, Dendy Kurniawan, mengatakan Yogyakarta menjadi destinasi kedua yang dilayani pihaknya setelah Bali. Sebelumnya Pelita Air sudah mengudara dengan rute tempuh Jakarta-Bali dan sebaliknya per 28 April 2022 lalu.


Dendy menyebut, Yogyakarta menjadi pilihan rute penerbangan Pelita Air karena beberapa faktor. Salah satunya status Yogyakarta sebagai tujuan wisata utama di Indonesia setelah Bali.

"Yang jelas kalau kita lihat destinasi wisata utama di Indonesia adalah Bali dan Yogyakarta. Pada saat 28 April (operasional rute Jakarta-Bali) kita start sebenarnya pengen langsung dua-duanya (Bali dan Yogyakarta), tapi karena saat itu tidak memungkinkan jadi kita start Bali dulu, terus hari ini akhirnya di Jogja," ucap Dendy ditemui detikJateng di YIA.

"Jadi memang ada 3 hal (pertimbangan membuka rute Jakarta-Yogyakarta) pertama destinasi wisata paling ramai di Indonesia, kita bicara adalah traffic Jakarta-Bali dan Jakarta-Jogja. Kedua, Jogja terbaik. Ketiga ada kaitannya Bali dan Jogja sebagai host G20, sehingga kita bisa memberikan tambahan kapasitas bagi seluruh peserta G20," imbuhnya.

Dendy berharap, rute ke Yogyakarta ini bisa mengakomodir pengguna jasa penerbangan yang ingin berwisata ke daerah tersebut. Pelita Air pun menargetkan load factor atau kapasitas muatan pesawat rute Jakarta-Yogyakarta ini bisa mencapai 80 persen.

"Memang ini destinasi kedua kita setelah Bali. Tentunya kita berharap yang pasti load factor-nya segera full ya. Memang dari awal sampai sekarang sudah beranjak naik, tapi nanti kita harap kan semua penerbangan kita bisa mengisi load factor yang tinggi, di angka 80-85 persen. Itu harapan kami," ucapnya.

Dendy mengatakan pada masa awal operasional di YIA, Pelita Air akan mengudara sebanyak satu kali dalam sehari. Jam operasionalnya mulai pukul 06.40 WIB, bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng ke YIA. Kemudian pukul 08.00 WIB, kembali dari YIA ke Jakarta.

Pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk menambah penerbangan di YIA. Direncanakan akan ada penerbangan sore hari untuk mengakomodir pelaku perjalanan day trip atau pulang pergi.

"Tentunya bukan hanya sekali ini saja kita akan memberikan tambahan destinasi ke Jogja, tapi tentunya frekuensi segera kita tambah. Kalau saat ini baru satu kali sehari, insyaallah tidak terlalu lama kita tambah frekuensinya supaya ada penerbangan yang sore. Jadi kita untuk meng-cover penumpang yang ingin melakukan perjalanan day trip ya, berangkat pagi, pulang sore sekadar meeting atau apa saja bisa terakomodasi Pelita Air," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager YIA, Agus Pandu Purnama menyambut baik penambahan penerbangan dari Pelita Air. Kehadiran maskapai baru di YIA ini diyakini bisa mengakomodir tingginya animo masyarakat menggunakan moda transportasi belakangan ini.

"Selama ini memang animo masyarakat menggunakan pesawat cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya masyarakat yang bahkan untuk cari tiket saja sulit. Mungkin karena keterbatas armada dan lain-lain. Nah kali ini Pelita Air membuka rute selain Bali, juga Yogjakarta, ini akan dilaksanakan setiap hari atau 7 kali seminggu," ujarnya.

Pandu menjelaskan saat ini YIA sudah melayani 64 penerbangan pulang pergi dari pelbagai maskapai. Adapun rata-rata jumlah penumpang sudah mencapai angka 7 hingga 10 ribu orang per hari.

"Hari ini ada sekitar 64 penerbangan dan tadi malam kita ada sekitar 10.700 penumpang per hari. Jadi di samping kesiapan maskapai penumpang nya memang animonya cukup besar. Terkait jumlah penumpang rata-rata kalau weekend kita di atas 10 ribu, kalau weekday paling rendah 7 ribu. Jadi kalau kita bandingkan selama pandemi cukup jauh ya, kenaikannya nyampai 80 persen," jelasnya.



Simak Video "Maskapai Pelita Air Kini Layani Penerbangan di YIA"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ahr)