Ada 10 Negara yang Investasi di Indonesia, Terbesar Singapura!

Robby Bernardi - detikJateng
Rabu, 08 Jun 2022 16:10 WIB
Bahlil Lahadalia
Foto: Robby Bernardi/detikjateng
Batang -

Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia, menepis kabar buruk yang selama ini beredar di media sosial bahwa negara yang melakukan investasi di Indonesia hanya satu negara saja. Bahkan, Bahlil, menunjukkan 10 besar negara yang berinvestasi di Indonesia, dari catatannya sebagai Menteri Investasi/BKPM.

"Jadi tidak benar jika ada informasi yang seliweran di medsos. Seolah-oleh investasi di Indonesia dikuasi oleh satu negara saja, mana slidenya?" kata Bahlil, saat memberikan sambutan dalam acara seremoni implementasi tahap kedua industri baterai listrik terintegrasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Rabu (8/6/2022).

Bahlil menyebut investasi tidak hanya dikuasai oleh salah satu negara saja. Dari catatanya, dalam kurun waktu tri wulan pertama di tahun 2022, ada 10 besar negara yang melakukan investasi ke Indonesia.


"Negara yang masuk investasi, yang pertama Singapura, Hongkong, yang ketiga Tiongkok, keempat Jepang, Amerika, Korea Selatan Inggris dan lainnya, bisa dilihat di layar," kata Bahlil.

Dari layar slide nampak muncul nama-nama 10 negara yang juga dicantumkan nilai investasi masing-masing negara.

Misal saja, pertama Singapura, yang nilai investasinya mencapai US$ 3,6 miliar atau 34,8%. Negara Hongkong menduduki posisi kedua, dengan nilai investasi US$ 1,5 miliar atau 15%. Sedangkan negara ke tiga, yakni Tiongkok dengan nilai investasi US$ 1,4 miliar. Di bawahnya, disusul negara Jepang dan Amerika yang masing-masing investasi dengan nilai US$ 0,8 miliar dan US$ 0,6 miliar.

"Kita yang tahu persis, saya selaku Menteri Investasi mengetahui hal itu, jadi tidak benar kabar di medsos itu," ucapnya.



Simak Video "Bahlil Ungkap Hasil Pertemuan dengan 12 Perusahaan AS"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)