Tesla Bangun Pabrik di Batang, Pelatihan SDM-nya di Solo Technopark

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Rabu, 18 Mei 2022 17:28 WIB
Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di Solo, Rabu (18/5/2022). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Solo -

Perusahaan mobil listrik Tesla akan membangun pabrik di Batang, Jawa Tengah, tahun ini. Kota Solo pun mendapatkan tugas untuk melatih tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDM).

Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan telah bekerja sama dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam pembangunan SDM. Pelatihan akan dipusatkan di Solo Technopark (STP).

"Lapangan kerja yang ada di sana akan dipoles. Kami bekerja sama dengan Pak Wali Kota (Gibran) mengedepankan Solo Technopark. Ini yang akan kami kedepankan, kolaborasi, agar investasi berjalan baik dan pemerataan dilakukan," kata Bahlil usai membuka acara Road to G20: Investment Forum di Hotel Alila, Solo, Rabu (18/5/2022).

Bahlil mengatakan kolaborasi dilakukan untuk memberi dampak yang lebih besar. Dalam hal ini, Batang dinilai memiliki wilayah yang luas, sementara Solo memiliki kualitas pelatihan SDM yang baik.

"Sebagian kami lakukan di Jateng. Multiplier effect-nya bagus. Yang mempunyai investasi pelatihan, Solo lebih bagus daripada Batang. Kita akui itu. Dengan kata lain SDM Solo diakui lebih dari rata-rata batang. Batang punya wilayah. Ini yang butuh kolaborasi," ujarnya.

"Harapannya ini jadi kawasan industri terbaik. SMK-SMK dan kemudian Solo Technopark mitra yang paling terdepan," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut baik rencana pemerintah. Dia pun mengaku siap membantu melaksanakan tugas melatih SDM melalui STP.

"Kami menyambut baik program Pak Menteri. Meskipun pabriknya bukan di Solo, tapi kami diberi pelatihan untuk SDM. Itu nanti semua akan dilakukan di Solo Technopark," kata Gibran.

Sebelumnya, Menteri Bahlil menegaskan investasi dari Tesla mulai dilakukan tahun ini. Kerja sama akan dilakukan dalam dua bidang, yakni baterai dan mobil listrik.

"Dia akan masuk ke dua bagian industri besar, pertama tentang ekosistem baterai mobil dan mobilnya. Insyaallah tahun ini," ujar Bahlil di Solo.



Simak Video "Menteri Bahlil Sewot NIB Diperjualbelikan di Marketplace"

(aku/rih)
Berita detikcom Lainnya
Berita Terpopuler

Foto

detikNetwork