Waduh! Harga Daging Kerbau di Kudus Merangkak Naik

Dian Utoro Aji - detikJateng
Kamis, 07 Apr 2022 14:28 WIB
Pedagang daging di Pasar Bitingan, Kabupaten Kudus. Kamis (7/4/2022).
Pedagang daging di Pasar Bitingan, Kabupaten Kudus. Kamis (7/4/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng
Kudus -

Harga daging kerbau di Pasar Bitingan, Kabupaten Kudus mulai merangkak naik. Kini harga komoditas itu di tingkatan pedagang pasar mencapai Rp 130 ribu per kilogramnya.

Kenaikan harga daging kerbau ini terjadi sejak awal Ramadan ini. Para pedagang menduga harga akan terus merangkak hingga lebaran mendatang.

Salah satu pedagang daging, Riah (50) mengatakan saat ini dia harus menjual daging kerbau seharga Rp 130 ribu per kilogram. Sebab, harga dari pemasok juga sudah naik.


Pada pekan kemarin, dia masih menjual daging kerbau seharga Rp 120 ribu per kilogramnya.

"Kenaikan ini sejak mulai naik sejak Sabtu kemarin, awal bulan Ramadan ini," terang Riah kepada wartawan ditemui di Pasar Bitingan, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas daging sapi. Pada pekan lalu, dia masih menjual daging sapi seharga Rp 110 ribu per kilo.

Sedangkan kini dia harus menjual daging sapi Rp 120 ribu per kilo lantaran harga dari pemasok juga sudah naik.

Dia menyebut faktor kenaikan harga daging kerbau dan sapi karena stoknya sedikit. Kata dia, peternak kerbau dan sapi di Kudus sekarang tidak banyak.

"Petani tidak ada yang memelihara sapi kerbau, jarang sekali," kata Riah menerangkan.

Sebaliknya, untuk harga daging ayam di Pasar Bitingan Kudus cenderung mengalami penurunan. Pedagang daging ayam, Eni Handayani menjelaskan awal bulan Ramadan harga daging ayam sempat Rp 38 ribu.

"Sekarang turun, harganya Rp 36 ribu per kilogram," kata Eni Handayani.

Selain harga turun, permintaan terhadap komoditas daging ayam juga merosot, terutama dari pelanggan warung makan dan restoran.



Simak Video "Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi di Bandung Nyaris Rp 140 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)