Apa Kabar Janda-3 Cucu Tinggal di Rumah Gedek Tengah Kota Klaten?

Apa Kabar Janda-3 Cucu Tinggal di Rumah Gedek Tengah Kota Klaten?

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Kamis, 15 Des 2022 11:52 WIB
Rumah tinggal Satiyem di Kota Klaten, Senin (12/12/2022).
Rumah tinggal Satiyem di Kota Klaten, Senin (12/12/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Dinas Sosial P3A dan PPKB Pemkab Klaten akhirnya turun tangan menyikapi kondisi Satiyem (70), janda yang hidup di rumah gedek bersama anak menantu dan tiga anak yatim. Dinas berencana mengusulkan beberapa bantuan.

"Setelah dilakukan asesmen selanjutnya proses bansos tidak direncanakan. Juga ajuan KIS Jamkesda ke Dinkes," kata Kepala Dinas Sosial P3A dan PPKB Pemkab Klaten, Much Nasir kepada detikJateng, Kamis (15/12/2022).

Nasir menjelaskan, setelah ada informasi kondisi Satiyem, pihaknya melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan perangkat kelurahan tempat tinggal yang bersangkutan.

"Satiyem benar warga Mojayan dan merupakan pensiunan istri dari veteran. Satiyem hidup dengan menantunya atas nama Nurhasanah dan suami barunya," ujarnya.

Nasir menyebut selama ini Satiyem mendapatkan uang pensiun veteran tetapi beberapa bulan ini tidak mendapatkannya. Hal itu karena kesulitan menghubungi putranya yang biasanya mengurus uang pensiunan ini.

"Dulu juga pernah mendapatkan Jamkesmas tetapi tidak diketahui keberadaan kartunya dan saat ini kartunya masih dicari," terangnya.

Nasir melanjutkan, untuk anak menantu dan cucu yang tinggal satu rumah dengan Satiyem sudah mendapatkan bantuan KIS. Sementara Nurkasanah sudah diajukan DTKS pada Agustus lalu.

"Untuk Nurkasanah sendiri sudah diajukan DTKS bulan Agustus 2022. Untuk itu selanjutnya kita proses bansos tidak direncanakan dan ajuan KIS Jamkesda ke Dinkes," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Satiyem (70) warga Klaten hidup di rumah berdinding bambu bersama anak dan tiga cucunya. Janda yang hidup di rumah gedek tersebut juga tidak mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

"Belum (dapat bansos). Bantuan apa-apa belum pernah dapat," ungkap Lurah Mojayan, Ponirah kepada detikJateng di kantornya, Senin (12/12).

Ponirah tinggal di Kampung Karangduwet, Kalurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah. Ponirah menyebut Satiyem pernah diusulkan ikut program rehab rumah tetapi belum dapat. Pemerintah kelurahan sudah berupaya mencarikan bantuan.

''Pemerintah sudah berupaya (mencarikan bantuan) tapi belum pernah terealisasi. Monggo kalau ada pihak yang mau bantu," ujar Ponirah.



Simak Video "Sopir Mobil Pelat Merah Pelaku Tabrak Lari di Klaten Ditangkap"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT