12 Kusir Disiapkan Dalam Tasyakuran Pernikahan Kaesang, Salah Satunya Polisi

12 Kusir Disiapkan Dalam Tasyakuran Pernikahan Kaesang, Salah Satunya Polisi

Ahmad Rafiq - detikJateng
Selasa, 06 Des 2022 20:03 WIB
Gladi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (27/11/2022).
Gladi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Solo, Minggu (27/11/2022). Foto: Tara Wahyu NV/ detikJateng
Solo -

Sebuah peternakan kuda di Solo dilibatkan penyelenggaraan kirab tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono di Kota Solo. Mereka bertugas menyiapkan kuda, kereta, serta perlengkapannya.

"Kita diminta untuk menyiapkan 12 kereta untuk acara kirab," kata pemilik Pajajaran Stabel, Mas Ngabehi Mudjiono Prasetyo saat ditemui detikJateng di rumahnya, Selasa (6/12).

Menurutnya, kereta untuk pengantin akan ditarik enam ekor kuda. Sedangkan sebelas kereta lain masing-masing akan ditarik dua ekor kuda.


"Sehingga otomatis saya juga harus menyiapkan 12 kusir. Selain itu masing-masing kuda akan didampingi oleh satu orang pekathik (pawang kuda)," kata Mudjiono.

Adapun kusir yang disiapkan untuk menarik kereta yang digunakan oleh pengantin adalah Aiptu Warsito, seorang polisi yang bertugas di Polres Cilacap. Kebetulan Warsito masih kerabat Mudjiono.

"Dia sangat pengalaman. Kebetulan kami memang sama-sama berasal dari keluarga pemilik kuda yang sudah turun-temurun. Jadi dia sudah cukup handal mengendalikan kuda," katanya.

Saat dihubungi, Warsito mengaku siap untuk melaksanakan tugasnya di acara tersebut. Dia mengaku tidak memiliki persiapan khusus.

"Nggak ada persiapan khusus, sebab memang sudah sedari kecil terbiasa memegang kuda," katanya.

Bahkan, Warsito mengaku saat ini dia juga masih memelihara kuda. Hal itu membuat dia yakin mampu melaksanakan tugasnya dengan baik di acara pernikahan Kaesang-Erina itu.

Selain itu, Warsito yang saat ini bertugas di Polsek Kesugihan, Cilacap itu juga sudah mendapat izin dari pimpinannya untuk terlibat di acara tersebut.

"Saya sudah berkali-kali juga menjadi kusir di acara yang diselenggarakan Pak Jokowi," katanya.



Simak Video "Aksi Warga Jelang Kirab Pernikahan Kaesang-Erina: Balas-Membalas Lagu"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/dil)