4 Warga Mriyan Boyolali Diserang Kawanan Tawon, 1 Korban Opname

4 Warga Mriyan Boyolali Diserang Kawanan Tawon, 1 Korban Opname

Jarmaji - detikJateng
Rabu, 30 Nov 2022 12:43 WIB
ilustrasi disengat tawon atau lebah
Ilustrasi tawon. Foto: iStock
Boyolali -

Empat orang warga Desa Mriyan, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, menjadi korban serangan tawon. Mereka sempat dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis. Satu korban di antaranya harus opname.

"Iya betul (ada empat warga yang diserang tawon). Itu Darno, Karyanti, Singkir dan Sutinah," kata Kepala Desa Mriyan, Suwandi, kepada detikJateng, Rabu (30/11/2022).

Empat orang itu diserang tawon jenis tabuhan di ladang mereka yang saling berdekatan di timur jembatan Genting, Dukuh Montong, Desa Mriyan.


Salah seorang warga Gobumi, Widiyanta, mengatakan Darno merupakan warga Dukuh Gobumi. Adapun Karyanti warga Dukuh Montong, sedangkan Singkir dan Sutinah adalah suami istri dari Dukuh Banjarejo, Desa Mriyan.

Dikemukakan Widiyanta, kejadian serangan tawon itu pertama kali dialami Karyanti, beberapa hari lalu. Saat sedang memetik bunga mawar di ladangnya, dia diserang ribuan tawon.

"Tak lama kemudian Darno juga teriak-teriak minta tolong karena dikeroyok tawon. Karyanti dan Darno dikeroyok tawon sampai pingsan," jelas Widiyanta.

Warga pun berdatangan ke lokasi dan memberikan pertolongan. Keduanya kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Lokasi ladang Darno dan Karyanti berdekatan, hanya terpisah jalan desa.

Selang sehari berikutnya, lanjut Widi, serangan tawon masih berlanjut. Giliran pasangan suami istri, Singkir dan Sutinah, yang dikeroyok kawanan tawon. Mereka juga sempat dilarikan ke fasilitas kesehatan (faskes) untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Karyanti yang opname, dirawat di rumah sakit. Lainnya rawat jalan," imbuh dia.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali, Suherman, mengatakan TRC BPBD bersama Damkar Boyolali dan Forkopimcam Tamansari telah mendatangi lokasi kejadian. Mereka mencari sarang tawon yang mencelakai empat warga di wilayah lereng Gunung Merapi sisi timur itu.

"Tawon yang menyerang warga ini jenis tabuhan, sarangnya di dalam tanah," kata Suherman kepada detikJateng.

Dari hasil penyisiran, terang Suherman, sarang tawon terdeteksi di tebing dengan ketinggian kurang lebih 50 meter. Mengingat medan yang tidak memungkinkan dilakukan penanganan, maka petugas mengimbau warga berhati-hati saat melewati jalan tersebut.



Simak Video "Berkunjung ke Ekowisata Taman Air Boyolali "
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ams)