3 Makam Keturunan Habib Ali di Masjid Ar Riyadh Solo dan Rutenya

3 Makam Keturunan Habib Ali di Masjid Ar Riyadh Solo dan Rutenya

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 15 Nov 2022 11:57 WIB
Jamaah haul habib Ali bin Muhammad Al Habsyi memadati jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Selasa (15/11/2022).
Jamaah haul habib Ali bin Muhammad Al Habsyi memadati jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Selasa (15/11/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Solo -

Ribuan orang memadati peringatan hari wafat atau haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di kompleks Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (15/11/2022). Ada satu ruangan kecil di sebelah selatan masjid itu, yang mana kurang lengkap rasanya kalau peserta haul belum mengunjunginya.

Dilansir situs NU Online dalam salah satu artikelnya, di ruangan kecil itu terdapat tiga makam keturunan Habib Ali. Yaitu, makam Habib Alwi bin Ali Al-Habsyi yang diapit makam Habib Anis bin Alwi al-Habsyi dan makam Habib Ahmad bin Alwi Al-Habsyi.

Dalam situs nu.or.id yang diakses detikJateng pada Selasa (15/11/2022) disebutkan, Habib Alwi bin Ali Al-Habsyi adalah putra kandung Habib Ali. Habib Alwi berdakwah ke Indonesia dan akhirnya mendirikan Masjid Riyadh di Solo pada 1355 H atau tahun 1933. Nama masjid itu sama dengan nama masjid yang didirikan ayahnya di Hadhramaut, yaitu Masjid Riyadh.


Adapun Habib Ahmad bin Alwi Al-Habsyi dan Habib Anis bin Alwi al-Habsyi adalah putra Habib Alwi atau cucu dari Habib Ali Al-Habsyi. Habib Ahmad lahir saat ayahnya masih di Hadramaut. Sedangkan adiknya, Habib Anis, lahir di Indonesia. Mereka meneruskan perjuangan para leluhurnya sebagai dai.

Di luar acara haul Habib Ali, tiga makam keturunannya itu tak pernah sepi dari peziarah. Berikut rute menuju Masjid Ar Riyadh, Solo.

Dikutip dari Google Maps, Masjid Ar Riyadh beralamat di Jalan Kapten Mulyadi, Sudiroprajan, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo. Masjid Ar Riyadh berada di tenggara Keraton Solo, sekitar satu kilometer jaraknya.

Rute menuju Masjid Ar Riyadh, Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, dari simpang empat Gladak atau Monumen Slamet Riyadi. Diakses dari Google Maps pada Selasa (15/11/2022).Rute menuju Masjid Ar Riyadh, Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, dari simpang empat Gladak atau Monumen Slamet Riyadi. Diakses dari Google Maps pada Selasa (15/11/2022). Foto: dok. Google Maps

Dari simpang empat Gladak atau Monumen Patung Slamet Riyadi di Jalan Slamet Riyadi, silakan ke timur. Sesampainya di simpang empat Sangkrah, silakan ambil kanan atau ke arah selatan. Nah, kamu sudah memasuki Jalan Kapten Mulyadi.

Selanjutnya, kamu tinggal lurus saja ke selatan sekitar satu kilometer. Setelah melewati RS Umum Islam Kustati di kiri jalan, kamu sudah dekat dari kompleks Masjid Ar Riyadh. Dari RS Kustati, maju sedikit beberapa meter dan silakan ambil jalur kanan. Masjid Ar Riyadh berada di sisi kanan Jalan Kapten Mulyadi.

Kompleks Masjid Ar Riyadh, Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo. Diakses dari Google Maps pada Selasa (15/11/2022).Kompleks Masjid Ar Riyadh, Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo. Diakses dari Google Maps pada Selasa (15/11/2022). Foto: dok. Google Maps

Diakses dari Google Maps oleh detikJateng pada Selasa (15/11) siang, berikut penampilan street view di dekat kompleks Masjid Ar Riyadh, Jalan Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo.



Simak Video "Pengakuan Cucu Pakubuwono XIII saat Ditodong Pistol di Leher"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)