Tak Berizin, Baliho 'Terima Kasih' Jokowi di Klaten Dicopot Satpol PP

Tak Berizin, Baliho 'Terima Kasih' Jokowi di Klaten Dicopot Satpol PP

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Jumat, 11 Nov 2022 12:39 WIB
Satpol PP Pemkab Klaten mencopot baliho Terima Kasih Jokowi di Nglinggi, Klaten Selatan.
Satpol PP Pemkab Klaten mencopot baliho 'Terima Kasih' Jokowi di Nglinggi, Klaten Selatan. Foto: dok. Satpol PP Pemkab Klaten
Klaten -

Baliho 'Terima Kasih' Jokowi di Klaten akhirnya dicopot Satpol PP karena tak berizin. Baliho 'Terima Kasih' Jokowi itu tak hanya terpasang di Jalan Prambanan-Manisrenggo, tapi juga di titik lain di Klaten.

"Ternyata banyak, tidak hanya di Prambanan dan Manisrenggo. Di jalan Nglinggi, Klaten Selatan juga ada," kata Kasatpol PP Pemkab Klaten Joko Hendrawan kepada detikJateng, Jumat (11/11/2022).

Dijelaskan Joko, setelah ada informasi baliho di Prambanan, Satpol PP turun tangan. Baliho tersebut belum diketahui siapa pemasangnya.


"Tidak tahu siapa yang memasang. Camat Prambanan saya tanya juga tidak mengetahui yang memasangnya," ujarnya.

Di Jalan Gayamprit-Nglinggi, sebut Joko, ada dua baliho serupa di tepi jalan. Karena juga tidak ada izin dan pemberitahuan maka baliho dicopot.

"Yang di Nglinggi kita copot juga. Sejauh ini tidak ada izin," kata Joko.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Pemkab Klaten M Himawan Purnomo mengatakan pengurusan izin pemasangan baliho di Dinas Penamaan Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Setelah izin baru bayar pajak ke BPKPAD.

"Yang menangani izin di Dinas Penanaman Modal, kita menangani pajaknya. Tapi kalau dicopot Satpol PP berarti tidak berizin, kita cek dulu," ungkap Himawan saat dimintai konfirmasi detikJateng.

Sebelumnya diberitakan, baliho 'Terima Kasih' Jokowi juga muncul di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Baliho bergambar Presiden Joko Widodo tersebut terpasang di sejumlah titik.

Pantauan detikJateng, baliho tersebut dipasang di Jalan Prambanan-Manisrenggo, di wilayah Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan dan Desa Nangsri, Kecamatan Manisrenggo. Baliho berwarna dasar hijau itu berukuran sekitar 3x2 meter dengan rangka bambu.

Baliho bertulisan "Terima Kasih Pak Jokowi untuk BLT, BSU, dan Bantuan Sosial Lainnya! Subsidi BBM Tepat Sasaran, Subsidi Untuk Rakyat Kurang Mampu, yes..yes..yess!!!" dan foto Jokowi memakai baju putih.

Warga sekitar lokasi tak mengetahui siapa pemasang baliho tersebut. Warga mengetahui baliho tersebut sudah terpasang sekitar satu pekan.



Simak Video "Satu Orang Terluka Akibat Baliho Roboh di Sidoarjo"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)