Baliho 'Terima Kasih Jokowi' Juga Muncul di Klaten, Satpol PP: Tak Berizin

Baliho 'Terima Kasih Jokowi' Juga Muncul di Klaten, Satpol PP: Tak Berizin

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Kamis, 10 Nov 2022 16:21 WIB
Baliho Terima Kasih Jokowi di Jalan Prambanan-Manisrenggo, Klaten, Kamis (10/11/2022).
Baliho 'Terima Kasih' Jokowi di Jalan Prambanan-Manisrenggo, Klaten, Kamis (10/11/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Baliho 'Terima Kasih' Jokowi juga muncul di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Baliho bergambar Presiden Joko Widodo tersebut terpasang di sejumlah titik.

Pantauan detikJateng, baliho tersebut dipasang di Jalan Prambanan-Manisrenggo, di wilayah Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan dan Desa Nangsri, Kecamatan Manisrenggo. Baliho berwarna dasar hijau itu berukuran sekitar 3x2 meter dengan rangka bambu.

Baliho bertulisan "Terima Kasih Pak Jokowi untuk BLT, BSU, dan Bantuan Sosial Lainnya! Subsidi BBM Tepat Sasaran, Subsidi Untuk Rakyat Kurang Mampu, yes..yes..yess!!!" dan foto Jokowi memakai baju putih.


Warga sekitar lokasi tak mengetahui siapa pemasang baliho tersebut. Warga mengetahui baliho tersebut sudah terpasang sekitar satu pekan.

"Sudah sekitar seminggu dipasang di situ. Tapi saya tidak tahu yang memasang siapa dan kapan," ungkap Amin, warga Dusun Dengok, Desa Kebondalem Lor, kepada detikJateng, Kamis (10/11/2022).

Amin mengatakan dirinya tinggal dekat dengan lokasi baliho namun tidak sempat memperhatikan. Isinya juga tidak sempat dibacanya.

"Isinya apa juga tidak tahu, cuma lihat ada gambar Pak Jokowi. Di jalan ini banyak baliho lain soalnya," jelasnya.

Ina, warga Desa Nangsri, Kecamatan Manisrenggo, mengatakan hal serupa. Dirinya tidak mengetahui baliho 'Terima Kasih' Jokowi tersebut dipasang kapan dan oleh siapa.

"Saya tidak tahu yang memasang siapa. Tahu-tahu sudah ada di lokasi sudah beberapa hari yang lalu," kata Ina saat ditemui detikJateng.

Baliho 'Terima Kasih' Jokowi di Jalan Prambanan-Manisrenggo, Klaten, Kamis (10/11/2022).Baliho 'Terima Kasih' Jokowi di Jalan Prambanan-Manisrenggo, Klaten, Kamis (10/11/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

detikJateng mencoba mencari baliho serupa di daerah lain di Klaten. Di antaranya di Jalan Jogja-Solo dari Kecamatan Delanggu sampai Prambanan, Jalan Manisrenggo-Jogonalan, Jalan Pemuda, Jalan Lingkar Selatan dan Utara, Jalan Mayor Kusmanto, Sunaryo, dan Sersan Sadikin. Hasilnya, tidak ditemukan baliho serupa.

Saat dimintai konfirmasi, Kasatpol PP Pemkab Klaten Joko Hendrawan mengatakan baliho 'Terima Kasih' Jokowi tersebut tidak berizin. Satpol PP tidak mendapatkan tembusan izin pemasangan baliho tersebut.

"Tidak (berizin). Biasanya Satpol PP diberikan tembusan kalau pemasangan itu sudah berizin, kelihatannya ini tidak," ungkap Joko saat diminta konfirmasi detikJateng.

Sebelumnya diberitakan, baliho 'Terima Kasih' Jokowi muncul di Solo. Spanduk itu dipasang di Jalan Pattimura dan Jalan Moh Yamin Solo.

Dimintai konfirmasi soal keberadaan baliho tersebut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengatakan pihaknya akan mencopotnya. Gibran mengaku tidak tahu siapa yang memasangnya.



Simak Video "Baliho Raksasa Ajak Nikah Mbak Maya Nangkring di Klaten"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)