5 Sarang Tawon Vespa Dievakuasi di Klaten Malam Ini, Ada yang Jumbo!

5 Sarang Tawon Vespa Dievakuasi di Klaten Malam Ini, Ada yang Jumbo!

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Selasa, 08 Nov 2022 21:32 WIB
Relawan mengevakuasi sarang tawon vespa ukuran jumbo di Klaten, Selasa (8/11/2022).
Relawan mengevakuasi sarang tawon vespa ukuran jumbo di Klaten, Selasa (8/11/2022). Foto: Dok Relawan RCTD Klaten
Klaten -

Lima sarang tawon vespa affinis dievakuasi tim relawan RCTD Klaten Timur malam ini. Salah satunya berukuran jumbo karena berdiameter hampir 1 meter.

"Yang ukurannya besar kita evakuasi di Desa Mandong, Kecamatan Trucuk di rumah ibu Sarmi. Diameter sarang kita ukur hampir satu meter," ungkap relawan RCTD Klaten Timur, Eko Santoso kepada detikJateng, Selasa (8/11/2022) malam.

Sarang tawon vespa jumbo itu, kata Eko, ditemukan pada ketinggian hanya 2 meter di semak pekarangan. Keberadaan sarang tawon itu ketahui pemilik pekarangan sore tadi.


"Diketahui pemilik pekarangan sore saat menyapu pekarangan lihat sarang tawon besar ketakutan. Kita menerima laporan sekitar pukul 17.00 WIB," jelas Eko.

Menurut Eko, sarang tersebut belum memakan korban. Namun, sangat berbahaya sebab di pohon dekat permukiman penduduk.

"Ketinggian 2 meter padahal di dekat permukiman penduduk sehingga jika terusik bisa menyerang. Kita evakuasi sekitar 30 menit malam ini," papar Eko.

Selain di Desa Mandong, sebut Eko, laporan juga datang dari Dusun Gayam dan Wonorejo, Desa Temuwangi, Kecamatan Pedan. Ada juga laporan 2 laporan dari Desa Tirtomarto, Kecamatan Cawas.

"Selain di Desa Temuwangi, ada di Desa Tirtomarto, Kecamatan Cawas. Malam ini saja laporan ada 5 sehingga masyarakat harus waspada dengan maraknya sarang tawon vespa," ujar Eko.

Koordinator relawan tawon Damai Modal Mikir (Damkir), Tara Kus Setiawan menjelaskan laporan tawon vespa cenderung terus naik selama sepekan terakhir

Dalam sehari, biasanya timnya hanya mendapat 1-2 panggilan dari masyarakat. Sedangkan sepekan terakhir ini, pihaknya sudah mengevakuasi 4-5 sarang tawon dalam sehari.

"Laporan 4-5 dalam sehari pekan ini. Peningkatan terjadi karena bulan September - Desember merupakan masa kembang biak tawon vespa," jelas Kus Setiawan kepada detikJateng.



Simak Video "Melihat Pemusnahan Sarang Tawon Vespa di Parepare!"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ams)