Angin Puting Beliung Landa Majasem Purbalingga, Puluhan Rumah Rusak

Angin Puting Beliung Landa Majasem Purbalingga, Puluhan Rumah Rusak

Vandi Romadhon - detikJateng
Senin, 07 Nov 2022 18:48 WIB
Angin puting beliung rusak puluhan rumah di Majasem, Purbalingga, Senin (7/11/2022).
Angin puting beliung rusak puluhan rumah di Majasem, Purbalingga, Senin (7/11/2022). (Foto: Vandi Romadhon/detikJateng)
Purbalingga -

Angin puting beliung melanda di Desa Majasem, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga. Akibatnya puluhan rumah yang berada di tiga dusun mengalami kerusakan.

"Angin puting beliung terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, kami belum bisa memberi informasi data pasti jumlah rumah yang rusak karena masih dalam pendataan. Diperkirakan ada 50-an rumah di tiga kadus," kata Kepala Desa Majasem Tri Muldiati kepada detikJateng di lokasi, Senin (7/11/2022).

Menurutnya selain terjadi kerusakan pada rumah dan bangunan, bencana itu juga menyebabkan korban. Dia menyebut, ada dua warganya yang mengalami luka.


"Korban luka ada dua orang, satu orang Sutarso (30) tertimpa atap seng dan harus dilarikan ke rumah sakit. Satu orang Sohidin (50) waktu dia berteduh gubuknya tertimpa batang pohon," ujarnya.

Saat ini warga tengah membersihkan bangunan yang mengalami kerusakan. Menurutnya, sejumlah relawan telah datang ke lokasi untuk memberikan bantuan.

"Sudah datang tadi BPBD, PMI, Tagana ada juga dari relawan Pramuka yang membantu warga membersihkan bangunan mereka," tuturnya.

Muldiati menyebut, untuk sementara warga terdampak menempati rumah keluarga yang masih aman. Pihaknya tengah berkoordinasi untuk menyiapkan bantuan penanganan pascabencana.

"Kami belum menyiapkan tempat untuk menampung warga terdampak. Sementara untuk warga yang rumahnya tidak bisa ditempati sementara ditempatkan di rumah warga yang aman," imbuhnya.

Angin puting beliung rusak puluhan rumah di Majasem, Purbalingga, Senin (7/11/2022).Angin puting beliung rusak puluhan rumah di Majasem, Purbalingga, Senin (7/11/2022). Foto: Vandi Romadhon/detikJateng


Simak Video "Detik-detik Angin Puting Beliung Rusak Sejumlah Rumah dan SPBU di Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/ams)