Bus Sekolah Gratis di Klaten Beroperasi Mulai Besok Pagi, Ini Rutenya

wara wara

Bus Sekolah Gratis di Klaten Beroperasi Mulai Besok Pagi, Ini Rutenya

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Senin, 31 Okt 2022 14:01 WIB
Petugas Dinas Perhubungan mengecek rute angkutan pelajar gratis di depan kantor Kecamatan Klaten Selatan.
Petugas Dinas Perhubungan mengecek rute angkutan pelajar gratis di depan kantor Kecamatan Klaten Selatan. Foto: dok. Dishub Klaten
Klaten -

Pemkab Klaten bakal mengoperasikan bus sekolah atau angkutan gratis bagi para pelajar. Operasional angkutan yang dibiayai APBD Klaten tersebut dimulai besok pagi, Selasa (1/11).

"Jadi operasionalnya mulai besok pagi tanggal 1 November. Kendaraan akan keluar dari Dinas Perhubungan mulai pukul 05.30 WIB," jelas Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Pemkab Klaten Sapto Widi Harsono kepada detikJateng di kantornya, Senin (31/10/2022).

Persiapan kendaraan maupun kru sudah dilakukan. Saat ini surat penugasan (SP) untuk driver sudah dibuat sebagai dasar bertugas.


"SP hari ini kita buat dan ajukan ke Kepala Dinas sehingga besok pagi sudah mulai jalan. Untuk sementara kita melayani dua koridor," papar Sapto.

Koridor tersebut meliputi Koridor 1 yang dimulai dari Dinas Perhubungan di Jalan Jogja-Solo, Klaten Utara. Angkutan akan bergerak ke kota, lalu Klaten Selatan sampai depan Masjid Jami Kecamatan Wedi.

"Koridor 1 mulai dari Dinas, kota, Klaten Selatan sampai Kota Kecamatan Wedi di depan Masjid Jami. Koridor 2 sebaliknya, dari depan Masjid Jami kembali ke Dinas," rinci Sapto.

Untuk tahap awal ini jumlah kendaraan yang dioperasikan baru 2 unit. Sambil menunggu perkembangan atas animo masyarakat.

"Kita sambil menunggu tanggapan dan animo masyarakat. Untuk sementara operasional pagi-siang bagi SD-SMA dan sorenya pukul 15.30 WIB masih ada untuk penjemputan siswa SMA," lanjutnya.

Para pelajar akan dijemput di titik-titik terdekat dengan sekolah. Namun demikian, yang mencegat di jalan tetap akan dilayani selama itu pelajar.

"Nyegat di jalan juga dilayani karena titik terdekat di sekolah hanya untuk memudahkan sebagai titik kumpul. Selama kuota 19 penumpang masih ada yang kosong, di jalan kita angkut," jelasnya.

Dari hasil survei yang dilakukan Dinas, lanjutnya, 75 persen responden menginginkan ada angkutan pelajar. Apabila nantinya memang animo adanya angkutan pelajar tinggi tidak menutup kemungkinan ada tambahan.

Nugroho, warga Klaten Tengah, menyambut baik angkutan sekolah gratis tersebut. "Ya senang. Sebab selama ini tidak ada angkutan umum, sekolah pada naik motor, minta dibelikan sepeda motor padahal ada yang usianya belum dewasa," kata Nugroho.

Rute Angkutan Pelajar Gratis Klaten

Koridor 1: Dimulai dari kantor Dishub atau wilayah Kecamatan Klaten Utara, Tengah, Selatan dan Kecamatan Wedi.

Koridor 2: Dimulai dari Kecamatan Wedi (perempatan masjid Jami), Kecamatan Klaten Selatan, Tengah dan kecamatan Klaten Utara (Dishub).

Jadwal Uji Coba Angkutan Pelajar Gratis Klaten

Pukul 06.00-08.00 WIB.
Pukul 12.30-13.30 WIB.
Pukul 12.40-15.40 WIB.

[Pembaca detikJateng dapat berbagi informasi yang sekiranya perlu untuk diketahui khalayak luas melalui platform wara-wara ini. Informasi bisa dikirim melalui email: infojateng@detik.com]

(rih/aku)