Polisi Siapkan Prosedur Pengamanan Sepakbola Sesuai Standar FIFA

Polisi Siapkan Prosedur Pengamanan Sepakbola Sesuai Standar FIFA

Tim detikNews - detikJateng
Kamis, 06 Okt 2022 20:04 WIB
Barikade polisi menggunakan  tameng. dikhy sasrailustrasidetikfoto
Ilustrasi polisi. Foto: detikcom/dikhy sasra
Solo -

Polri saat ini tengah melakukan evaluasi terhadap pengamanan dalam pertandingan sepakbola. Ke depan, mereka siap melakukan pengamanan sesuai standar FIFA maupun PSSI.

Hal itu dikatakan Wadankor Brimob Polri Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso usai rapat koordinasi di kantor Kemenpora. Dia mengaku telah mendapat masukan dari banyak pihak.

"Hasil dari pertemuan tadi kita sudah sepakat untuk mengevaluasi secara menyeluruh. Terima masukan dari penyelenggara suporter dan rekan-rekan terkait, telah sepakat mengevaluasi," kata Setyo dikutip dari detikNews, Kamis (6/10/2022).


Menurutnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga telah memerintahkan untuk menyiapkan standar prosedur operasi pengamanan sepakbola yang merujuk pada aturan FIFA dan PSSI.

"Dan dari Polri, sejak kejadian ini (Tragedi Kanjuruhan), telah mendapatkan instruksi dari Bapak Kapolri untuk membentuk satu regulasi untuk keamanan. Produk dari FIFA dan PSSI," kata dia.

Diketahui, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan penyelenggaraan sepakbola Indonesia.

Meski demikian, Menpora RI Zainudin Amali mengatakan rapat koordinasi tadi sama sekali tidak membahas Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang. Dalam rapat tersebut mereka membahas evaluasi secara keseluruhan.

"Hal yang kami diskusikan menjadi catatan pertama, kita sepakat melakukan evaluasi secara menyeluruh dari penyelenggaraan kompetisi sepakbola nasional tentu bukan hanya Liga 1, tapi juga Liga 2 dan 3," jelasnya.



Simak Video "Komnas HAM Beri Waktu PSSI Benahi Lisensi Dalam 3 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/ams)