7 Penyebab Luka Tak Kunjung Sembuh, Salah Satunya Diabetes

Kesehatan

7 Penyebab Luka Tak Kunjung Sembuh, Salah Satunya Diabetes

Tim - detikJateng
Rabu, 05 Okt 2022 23:00 WIB
close up of doctor bandaging one hand after an accident
Ilustrasi luka. Foto: thinkstock
Solo -

Luka akibat terjatuh atau kecelakaan kecil lain bisa terjadi kepada siapa saja. Pada umumnya luka kecil akan segera kering dan sembuh hanya dalam beberapa hari saja meski tanpa diobati.

Namun, terkadang luka kecil atau sekadar lecet tidak kunjung mengering meski telah diobati. Dalam kondisi seperti ini kita perlu mencari penyebabnya agar kecelakaan kecil itu tidak menjadi sebuah masalah yang besar.

Dalam kondisi luka yang tidak kunjung sembuh, ada baiknya kita segera mendatangi layanan medis untuk meminta pengobatan.


Dikutip dari detikHealth, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan luka tidak kunjung sembuh. Apa saja?

1. Diabetes

Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penderitanya tidak kunjung sembuh jika terluka, terutama di bagian kaki. Sebab, gula tinggi punya dampak negatif terhadap sirkulasi darah dan kerja sistem imun.

Penderita diabetes sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter saat menderita luka, terutama di bagian kaki. Keterlambatan penanganan bisa menyebabkan luka infeksi dan membusuk sehingga organ harus diamputasi.

2. Infeksi

Dalam tubuh makhluk hidup, kulit merupakan organ yang melindungi tubuh dari serangan bakteri. Saat kulit terluka bagian dalam tubuh rawan dimasuki bakteri sehingga menimbulkan infeksi.

Luka yang terinfeksi punya ciri khas kulit sekitarnya merah, bengkak, nyeri, dan muncul nanah dengan bau busuk.

3. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi juga bisa membuat luka menjadi susah sembuh. Sebab, kemampuan tubuh untuk meregenerasi sel rusak menjadi terhambat.

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan C sangat dianjurkan agar tubuh bisa memproduksi sel-sel baru. Selain itu, tubuh juga perlu mendapat asupan protein yang mencukupi.

Efek samping obat ternyata juga bisa membuat luka susah sembuh. Simak halaman selanjutnya