Emak-emak di Semarang Lawan Ular Piton Tengah Malam demi Selamatkan Ayam

Emak-emak di Semarang Lawan Ular Piton Tengah Malam demi Selamatkan Ayam

Afzal Nur Iman - detikJateng
Rabu, 05 Okt 2022 17:42 WIB
Anggota Damkar Kota Semarang mengevakuasi ular sepanjang 3 meter di Pedurungan, Semarang, Rabu (5/10/2022) dini hari.
Anggota Damkar Kota Semarang mengevakuasi ular sepanjang 3 meter di Pedurungan, Semarang, Rabu (5/10/2022) dini hari. Foto: dok. Humas Damkar Kota Semarang
Semarang -

Lestari Wijayanti (39) menceritakan aksi heroiknya saat menyelamatkan ayamnya dari terkaman ular piton sepanjang 3 meter. Lestari mengaku nekat karena refleks saat melihat ayamnya dililit ular.

Kejadian itu terjadi di belakang rumahnya di Jalan Blancir Asri, Pedurungan, Kota Semarang, Rabu (5/10) dini hari tadi. Kala itu, Lestari terbangun karena mendengar ayamnya membuat suara gaduh.

"Malam sih jam 01.30 WIB, ayam kelabakan 'kiak-kiak' gitu sampai saya terbangun, terus saya lihat gelap tapi masih 'kiak-kiak', terus saya lihat ada ular," kata Lestari, Rabu (5/10/2022).


Ular sepanjang 3 meter itu sudah dalam posisi melilit ayam jagonya. "Saya ambil lampu sama ambil kayu, nah terus saya gebuk," katanya.

Setelah ular itu melepaskan lilitannya, Lestari baru membangunkan suaminya.

"Ayamnya kan sudah kelilit itu, (setelah) ayamnya lepas baru saya pukul lagi ularnya, terus baru saya bangunin suami. Kata suami suruh telepon Damkar," ujarnya.

Lestari menduga ular itu sudah sering memangsa ayam. "Jumlahnya berapa nggak tahu, tapi ada tahu-tahu hilang. Sebelumnya telur ayam sering hilang, saya pikir (diambil) tikus," katanya.

Setelah menerima laporan tersebut, lima personel Pemadam Kebakaran (Damkar) menuju lokasi untuk mengevakuasi ular tersebut.

"Nggak begitu lama, sampai di situ terus dicari kelihatan langsung kepegang," kata Kabid Ops Penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Untung Sugiono saat dimintai konfirmasi.

Ular itu disebut sepanjang 3 meter dan saat ini masih di kandang sementara sebelum diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Akhirnya dikasih ke BKSDA, kan dikembalikan ke hutan lagi," katanya.

Berdasar informasi warga, Untung mengatakan, ada sekitar 30 ayam yang dilaporkan hilang diduga karena dimangsa ular.

"Jadi dia itu punya rumah itu belakangnya itu kaya ada semak-semak, ayamnya itu 50 tinggal 20, yang 30 itu habis," jelasnya.



Simak Video "Petugas Evakuasi Ular Piton Sepanjang 4,5 Meter di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ams)