Duh! Proyek Jalan di Jatinom Klaten Belum Kelar tapi Talut Rusak

Duh! Proyek Jalan di Jatinom Klaten Belum Kelar tapi Talut Rusak

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Rabu, 05 Okt 2022 14:10 WIB
Penampakan talut proyek jalan di Kecamatan Jatinom Klaten, Rabu (5/10/2022).
Penampakan talut proyek jalan di Kecamatan Jatinom Klaten (Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng)
Klaten -

Talut jalan di proyek pengecoran jalan kabupaten di ruas Desa Glagah-Jerukmanis, Kecamatan Jatinom, Klaten, Jawa Tengah rusak. Tembok talut pecah dan miring nyaris ambruk padahal proyek belum selesai.

Pantauan detikJateng di lokasi, tembok talut jalan yang pecah ada di dua titik. Terlihat dari sisi timur, tembok pecah dan miring ke sungai sepanjang sekitar 8 meter.

Sementara di sisi barat talut yang rusak lebih parah dan lebih panjang. Talut tersebut berada di sisi kiri jalan dari kota Kecamatan Jatinom yang separuh masih aspal dan separuh sudah dicor.


Oleh karena setengah jalan sudah dicor, akses lalu lintas menjadi satu arah dari Gunung Merapi. Truk angkutan berat pasir masih terlihat melintas di lokasi.

"Ya ini talut baru dari proyek pengecoran jalan. Rusaknya tidak hanya di sini, ke barat juga begitu," ungkap warga sekitar, Warti kepada detikJateng saat ditemui di lokasi, Rabu (5/10/2022).

Warti mengatakan rusaknya tembok talut itu sudah sejak beberapa waktu lalu. Awalnya di sisi barat tetapi kemudian yang di timur juga ikut rusak.

"Yang di timur ini baru, yang lama di barat sana lebih parah. Ink proyek padahal belum selesai," terang Warti.

Warti mengatakan penyebab talut rusak tidak diketahui pasti. Namun, selama proyek perbaikan jalan berlangsung truk angkutan pasir dari Gunung Merapi tetap melintasi lokasi.

"Truk pasir lewat sini semua, jadi cepat rusak jalannya. Warga senang jalan dicor sebab jika cuma diaspal mudah rusak lagi," imbuh Warti.

Penampakan talut proyek jalan di Kecamatan Jatinom Klaten, Rabu (5/10/2022).Penampakan talut proyek jalan di Kecamatan Jatinom Klaten, Rabu (5/10/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng

Sementara itu, anggota Komisi 3 DPRD Klaten, Aris Widiarto menyatakan pihaknya telah mengecek kegiatan pembangunan ini. Termasuk cor jalan Glagah-Jerukmanis.

"Kita itu sudah cek. Kita sudah ambil foto dan ada videonya untuk bahan rapat segera mungkin," kata Aris saat dihubungi detikJateng.

Terpisah, Plt Kepala Dinas PUPR Pemkab Klaten, Suryanto menjelaskan sudah mendapatkan laporan ini. Penyebab kerusakan disebut karena truk molen cor.

"Informasinya karena truk molen cor mereka sendiri (milik proyek). Kemarin sudah diperintahkan oleh PPKOM untuk dibangun ulang, proyek masih berjalan," jelas Suryanto kepada detikJateng.



Simak Video "Belasan Pasangan di Klaten Ikut Nikah Massal, Pengantin Tertua 80 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(ams/apl)