Pemkab Boyolali Buka Mal Pelayanan Publik, Berikut Ini Ragam Isinya

Pemkab Boyolali Buka Mal Pelayanan Publik, Berikut Ini Ragam Isinya

Jarmaji - detikJateng
Senin, 03 Okt 2022 17:57 WIB
Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Boyolali, Senin (3/10/2022).
Mal Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Boyolali, Senin (3/10/2022). Foto: Jarmaji/detikJateng
Boyolali -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali membuka mal pelayanan publik (MPP) di gedung Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab Boyolali Alun-alun Lor Boyolali. Soft opening MPP dilakukan oleh Bupati Boyolali, Mohammad Said Hidayat.

Masyarakat bisa mengakses berbagai jenis layanan di dalam satu gedung ini. Ada 171 layanan dari 24 instansi di MPP ini.

MPP ini berlokasi di jalur lingkar utara atau Jalan Prof Soeharso, tepatnya di barat Simpang Solidaritas.


Berbagai layanan masyarakat ada di gedung MPP ini. Mulai dari pajak kendaraan bermotor, pengurusan perizinan usaha, BPOM, pelayanan BPJS Kesehatan maupun Ketenagakerjaan, hingga pengurusan administrasi kependudukan.

Polres Boyolali, Kejaksaan Negeri Boyolali, Pengadilan Negeri, dan Pengadilan Agama, juga membuka pelayanan di MPP. Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Lingkungan Hidup, Bank Jateng, Bank Boyolali, Taspen, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Boyolali lainnya juga membuka pelayanan di MPP.

"Tujuan dibukanya Mal Pelayanan Publik ini mengintegrasikan pelayanan untuk meningkatkan kecepatan, kemudahan, jangkauan kenyamanan dan keamanan pelayanan. Kedua, meningkatkan daya saing dan memberikan kemudahan berusaha," kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Boyolali, Purnawan Raharjo, Senin (3/10/2022).

Bupati Boyolali, Mohammad Said Hidayat, berharap dengan adanya MPP dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Boyolali.

Setelah soft opening, Bupati meminta dilakukan evaluasi secara bertahap sebelum nanti diresmikan pembukaannya oleh Kementerian PAN-RB.

Meski sudah ada MPP, kata Said, pelayanan di kantor OPD tidak ditutup. Masyarakat tetap bisa mengakses layanan di kantor OPD.

"Walaupun MPP sudah dibuka, tidak menutup kemungkinan masih ada masyarakat yang datang ke kantor OPD. Namanya memberikan pelayanan, di mana pun ketika itu bentuknya memberikan pelayanan, berikan sebaik-baiknya," kata Said.

Sementara itu Direktur Utama Bank Boyolali, Dono Sri Hananto, mengatakan Bank Boyolali juga membuka pelayanan di MPP. Jenis layanannya pun hampir sama dengan pelayanan di kantor kas.

"Jadi di sini bisa membuka tabungan, bisa menabung dan juga mengambil tabungan. Pengajuan pinjaman bisa, tapi nanti diteruskan ke kantor pusat," jelas Dono.



Simak Video "Ganjar Targetkan 100 Persen Mal Pelayanan Publik di Jateng"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/rih)