Mengenang Nadhiroh setelah 41 Tahun Berkarya di Nasida Ria

Terpopuler Sepekan

Mengenang Nadhiroh setelah 41 Tahun Berkarya di Nasida Ria

Tim detikJateng - detikJateng
Minggu, 02 Okt 2022 16:43 WIB
Nadhiroh di cover album Nasida Ria Vol.16.
Nadhiroh di cover album Nasida Ria Vol.16. Foto: dok. Nasida Ria
Solo -

Setelah 41 tahun berkarya bersama grup kasidah legendaris Nasida Ria, sang vokalis sekaligus violis Nadhiroh tutup usia pada Kamis (29/9) pukul 21.30 WIB. Nadhiroh meninggal pada usia 55 tahun di RSUP Dr Kariadi Semarang. Berikut sederet kenangan tentang Nadhiroh.

Berangkat dari Qiraah

Nadhiroh lahir di Kota Salatiga pada 1 April 1967. Semasa mudanya, dia aktif mengikuti qiraah di salah satu masjid di Kota Salatiga yang kala itu diampu pendiri Nasida Ria, KH Muhammad Zain.

"(Nadhiroh) Bergabung itu 1981," kata Manajer Nasida Ria, Choliq Zain, Jumat (30/9/2022).


Nadhiroh merupakan ibu dari empat putra. Semasa hidupnya dia tinggal bersama suaminya, Fauzi, di Jalan Sedayu Tugu, Genuk, Kota Semarang.

Pernah Jadi Sampul Album

Karena kepiawaiannya memainkan alat musik serta parasnya yang rupawan, Nadhiroh yang merupakan anggota generasi kedua Nasida Ria itu pernah menjadi sampul kaset album.

"Pernah jadi cover volume 16, Perang Teluk," terang Choliq.

Di Nasida Ria, Nadhiroh dikenal piawai bermain alat musik. Mulai dari seruling, keyboard, biola, bahkan vokal.

Bernyanyi Sambil Bersyiar

"Ibu itu ngaji di Mbah Zain. Ibu selalu ingin bernyanyi sambil bersyiar. Ibu itu berjuang dari nol. Berangkat sore, naik Dayatsu (angkot), sambil nenteng biola," kata putra pertama Nadhiroh, Ali Akbar Navies (31).

Sosok Nadhiroh pun tenar dengan permainan biolanya yang kadang diwarnai atraksi. Kenangan soal kelincahan Nadhiroh juga disampaikan Rin Jamain, personel Nasida Ria generasi pertama.

"Perform terakhir di Hotel Tentrem dia bilang sama aku, 'aku tetep Nasida Ria, hanya untuk Nasida Ria aku semangat, meskipun keadaan sakit aku tetap semangat demi suksesnya Nasida Ria'," terang Rin.

"Di Tentrem bersama Arman Maulana bersama Dedy Mizwar. Masih semangat banget walau keadaan sakit. Demi suksesnya Nasida Ria sampai segitunya dia," jelas Rin.

Sakit Kanker Rahim

Nadhiroh meninggal dunia setelah sakit kanker rahim. "Kanker rahim dan penyumbatan ginjal. Baru diketahui baru-baru ini. Sebelumnya sempat manggung di Jerman. Terakhir itu Hotel Tentrem 30 Agustus," kata Choliq Zain di rumah duka, Jumat (30/9).

Menurut putra pertama Nadhiroh, Ali Akbar Navies, saat terbaring sakit, sang ibu bertekad sembuh agar bisa manggung lagi bersama Nasida Ria.

"Pas sakit itu bilang ingin sembuh biar bisa main musik lagi. Ibu tidak pernah mengeluhkan sakitnya," kata Ali di rumah duka, Jumat (30/9/2022).



Simak Video "Nadhiroh Personel Nasida Ria Meninggal Karena Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)