Heboh Ustaz Dakwah Sambil Streaming Mobile Legend, Ternyata Punya Misi Khusus

Heboh Ustaz Dakwah Sambil Streaming Mobile Legend, Ternyata Punya Misi Khusus

Tim detikINET - detikJateng
Sabtu, 01 Okt 2022 06:30 WIB
Viral! Ustaz Berdakwah Sambil Streaming Mobile Legends
Viral! Ustaz Berdakwah Sambil Streaming Mobile Legends. (Foto: Panji Saputro/detikINET)
Solo -

Seorang streamer baru di TikTok jadi sorotan Komunitas Mobile Legends. Ada seorang Ustaz menyampaikan dakwahnya, sembari live streaming Mobile Legends.

Dikutip dari detikINET, nama ustaz tersebut yakni Abi Azkakia. Ternyata sang Ustaz punya misi untuk main game tanpa toxic atau berkata kotor. Alih-alih mengumpat, ia menggantinya dengan zikir ketika emosi tersulut saat bermain.

Saat detikINET bertandang ke studio tempat Ustaz Abi melakukan live streaming Mobile Legends, ia menceritakan bagaimana awal mula bisa memainkan game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) besutan Moonton ini.


Ustaz Abi yang juga berprofesi sebagai guru ini mengawali cerita dengan momen saat dia sempat memergoki muridnya kelas 5 SD yang sedang asyik bermain game. Murid itu bermain sambil mengeluarkan kata-kata kotor. Ia pun menghampirinya dan menegur anak tersebut.

Karena penasaran, laki-laki yang tinggal di daerah Kalideres, Jakarta Barat ini pun pada malam harinya mengunduh game yang telah membuat muridnya itu kesal hingga berujung berkata-kata kotor. Setelah menjajalnya, ia mengakui bahwa memang main Mobile Legends ternyata sulit, dan ketika dibunuh lawan menjadi salah satu momen yang dapat memancing emosi.

"Pengin sebenarnya saya ngomong kotor, kaya uh emosi ya. Apalagi anak-anak mereka belum bisa mengontrol emosi. Oh itu dia, ini mungkin salah satu penyebabnya. Apalagi kalau game sudah masuk ke dalam hati, jadi game ini kelihatannya berarti banget, apalagi kalau sampai turun rank, kalah-kalah, turun rank pasti emosi," ungkap Ustaz Abi.

Dia mengaku khawatir, takutnya anak-anak didiknya itu sering mengucapkan kata kotor terus menerus. Menurutnya, kalau hal ini dibiarkan saja, maka generasi ke depannya akan menganggap bahasa kotor dan kasar menjadi hal yang lumrah.

"Itu berbanding terbalik dengan kebiasaan orang Indonesia. Orang Indonesia kan sopan santun, terkenal ramah tamah gitu. Ini bisa terkikis dari tutur kata dan sopan santun," ucap Ustaz Abi.

Alasan itu yang menjadi awal akhirnya dia live streaming di media sosial. Ia ingin mengingatkan ke anak-anak supaya tidak berbicara kasar, kotor, atau toxic, karena dicemaskan bisa terbawa sampai dewasa nantinya.

Pria yang memiliki follower TikTok hingga 730,8 ribu ini mengaku ingin anak-anak tidak terbiasa mengucapkan kata-kata kotor lalu menggantinya dengan zikir.

"Bagaimana kita zikir terus, zikir terus, lama-lama jadi kebiasaan. Lebih mulia adalah orang yang mengutamakan zikir daripada orang yang sering berkata kotor," kata Ustaz Abi.



Simak Video "Ustaz Gamer, Dakwah Sambil Live Mobile Legends"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/sip)