Polisi Periksa 3 Saksi Baru Laka Maut Tol Pejagan, Belum Ada Tersangka

Polisi Periksa 3 Saksi Baru Laka Maut Tol Pejagan, Belum Ada Tersangka

Angling Adhitya Purbaya - detikJateng
Kamis, 22 Sep 2022 13:29 WIB
Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi.
Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi. (Foto: Robby Bernardi/detikJateng)
Semarang -

Jumlah saksi yang diperiksa buntut kecelakaan beruntun di tol Pejagan-Pemalang akibat asap bertambah. Sedikitnya tiga orang dari pengelola ruang milik jalan (rumija) tol diperiksa hari ini.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Luthfi mengatakan belum ada penetapan tersangka saat ini. Namun upaya pemeriksaan pihak-pihak terkait sudah dilakukan.

"Saksi yang diperiksa dari masyarakat ada, pengemudi ada, dari pengelola lahan ada. Tersangka belum," kata Luthfi di sela acara HUT ke-67 Lantas di Mapolda Jateng, Kamis (22/9/2022).


Sementara itu Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy, mengatakan hari ini ada tiga orang yang akan diperiksa setelah sebelumnya sudah 13 orang dimintai keterangan oleh Polres Brebes.

"Kita periksa 3 pengelola rumija jalan tol. Kita sudah periksa 13 saksi, hari ini 3 orang," jelasnya.

Ia menegaskan masih menunggu hasil Laboratorium forensik untuk menentukan beberapa hal sebelum menetapkan tersangka. Namun ia menegaskan jika kebakaran rumput atau jerami itu disengaja atau tidak, pelakunya bisa terancam dijerat pasal 359 KUHP.

"Jadi manakala terbukti bisa ada unsur tidak sengaja dan menyebabkan kematian, maka dijerat pasal 359, bisa ancaman sampai 5 tahun," jelasnya.

Untuk diketahui, kecelakaan terjadi tepatnya di Km 253 jalur A atau arah Semarang hari Minggu (18/9) sore. Ada 13 kendaraan yang terlibat dan satu pengemudi , M Singgih Adika tewas. Korban tewas merupakan anak dari Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Kejaksaan Agung, Amir Yanto.

Kecelakaan beruntun diduga disebabkan adanya aktivitas pembakaran lahan pertanian. Asap pembakaran lahan tersebut menyebabkan pengemudi mobil mengalami gangguan jarak pandang.



Simak Video "Polisi Gelar Olah TKP Kecelakaan Beruntun di Tol Pejagan"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/sip)