Tentang Sundaland, Benua Tenggelam Cikal Bakal Indonesia

Tentang Sundaland, Benua Tenggelam Cikal Bakal Indonesia

Tim detikInet - detikJateng
Selasa, 23 Agu 2022 17:32 WIB
Benua Sundaland dan Sahul di Zaman Es
Benua Sundaland dan Sahul di Zaman Es. (Foto: detikcom)
Solo -

Sundaland adalah nama yang diakui para ilmuwan dunia tentang benua tenggelam yang kini menyisakan Indonesia. Ahli Paleontologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Profesor Yahdi Zaim menjelaskan asal usul wilayah Sundaland.

Dilansir detikInet, sejarah Sundaland sampai saat ini masih menjadi misteri. Awalnya penelitian menunjukkan bahwa penduduk kawasan ini secara genetis memiliki kesamaan dengan penduduk asli Asia Tenggara, khususnya yang tinggal di wilayah kepulauan.

Pada Periode Glasial Terakhir tahun 18.000 yang lalu, Sundaland disebut sebagai Indonesia di zaman es. Saat itu laut surut 120 meter dari ketinggiannya hari ini. Hal itu mengakibatkan wilayah Asia Tenggara menjadi benua besar yang semuanya terhubung menjadi daratan.


Sundaland sekarang sudah tenggelam menjadi Selat Malaka, Laut Jawa dan Laut Natuna. Oleh karena wilayahnya yang begitu luas, para ilmuwan dari berbagai dunia penasaran dan berlomba ingin mengungkap kehidupan Benua yang tenggelam di Indonesia tersebut.

Profesor Yahdi Zaim seorang ahli Paleontologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), menjelaskan asal usul wilayah Sundaland, dalam live 'Eureka! Misteri Indonesia Benua Tenggelam'.

Dijelaskan oleh Profesor Yahdi, kata 'Sunda' awalnya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu 'Cuddha' yang artinya adalah bersih, putih, atau suci. Namun seiring berjalannya waktu, penyebutannya berubah menjadi 'Sunda'.

"Wilayah perairan Indonesia ini kemudian dikenal menjadi Sundaland atau Perairan Sunda. Secara biologi dan geografi juga disebut sebagai Sunda Shelf atau Paparan Sunda," ujar Professor Yahdi, seperti dikutip dari detikInet, Selasa (23/8/2022).

Wilayah Sundaland atau paparan Sunda ini menjadi terkenal dari aspek keilmuwan karena tak hanya mencakup Indonesia, tetapi juga bersambung ke arah Utara Barat ke wilayah-wilayah yang sekarang dikenal sebagai negara-negara Asia Tenggara hinga ke Asia.

"Jadi Sundaland merupakan ujung dari suatu wilayah dari daratan Asia sampai Asia Tenggara, dan sebagian besar itu di wilayah perairan Indonesia," imbuh Profesor Yahdi.

"Kalau sekarang ada yang menyebut Indonesia adalah benua maritim, ya memang (benar), karena wilayahnya yang besar, sekarang jadi laut yang sangat luas," imbuhnya lagi.



Simak Video "Bagaimana Benua Sundaland Bisa Tenggelam?"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/dil)