Pesawat Tempur TNI AU Tergelincir di Lanud Pekanbaru

Regional

Pesawat Tempur TNI AU Tergelincir di Lanud Pekanbaru

Tim detikSumut - detikJateng
Selasa, 23 Agu 2022 12:38 WIB
Pesawat Hawk latihan tempur pakai rudal maverick di Aceh
Pesawat Tempur Hawk milik TNI AU. (Foto: Agus Setyadi/detikcom)
Solo -

Pesawat tempur TNI AU jenis Hawk 100/200 dilaporkan mengalami pecah ban dan tergelincir di Lanud Roesmin Noerjadin Pekanbaru. Tim investigasi diturunkan untuk menyelidiki insiden itu.

Dilansir detikSumut, Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus M Zukri membenarkan adanya insiden itu. Zukri menyebut insiden pecah ban terjadi Senin (22/8) siang kemarin. Insiden itu terjadi saat pesawat tempur itu melakukan latihan rutin.

"Benar ada kejadian tersebut. Pesawat alami pecah ban saat akan latihan rutin," kata Zukri kepada wartawan, Selasa (23/8/2022).


Zukri mengatakan pesawat Skadron Udara 12 Lanud Rusmin Nurjadin Pekanbaru itu mengalami pecah ban bagian kiri belakang. Saat itu pesawat akan take off dari runway 36 menuju runway 18.

"Pesawat akan take off. Kejadian sekitar pukul 11.00 WIB," terang Zukri.

Zukri memastikan setelah kejadian tim langsung turun ke lokasi. Saat ini kejadian tersebut masih dalam proses investigasi petugas.

Pilot Selamat

Zukri memastikan kondisi pilot dalam keadaan baik. Saat ini, pilot tersebut masih menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Angkatan Udara dr Sukirman di Lanud Roesmin Nurjadin.

"Kondisi pilot dalam keadaan baik. Sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSAU dr Sukirman," kata Zukri.

Zukri mengatakan pesawat hanya pecah ban dan tergelincir keluar landasan. Di mana dalam pesawat hanya ada seorang pilot.

"Hanya ada satu orang di pesawat," imbuh Zukri.



Simak Video "Warga Evakuasi Pesawat SAM Air yang Tergelincir di Beoga Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/mbr)