Sakit Kepala Seperti Ini Jangan Disepelekan, Cepat Periksa ke Dokter

Kesehatan

Sakit Kepala Seperti Ini Jangan Disepelekan, Cepat Periksa ke Dokter

tim detikHealth - detikJateng
Selasa, 23 Agu 2022 02:02 WIB
Ilustrasi sakit kepala
Ilustrasi sakit kepala. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tirachard
Solo -

Gangguan sakit kepala sering dirasakan oleh seseorang. Biasanya, sakit kepala terjadi saat kita kurang tidur, sedang flu, stres atau wanita yang sedang menstruasi.

Banyak pilihan obat ringan yang bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala.

Namun, tidak semua sakit kepala bisa diobati dengan obat ringan yang tersedia di pasaran. Bahkan, seseorang harus waspada saat mengalami sakit kepala dengan gejala-gejala tertentu.


Dikutip dari detikHealth, sangat disarankan bagi seseorang untuk memeriksakan diri ke dokter saat sakit kepalanya menunjukkan tanda-tanda khusus.

Gejala Sakit Kepala yang Berbahaya dan perlu untuk segera diperiksakan adalah sebagai berikut:

1. Kepala Seperti Dipukul

Saat sakit kepala terasa parah dan seolah-olah seperti dipukul, kondisi ini harus diwaspadai. Apalagi jika sakit kepala ini datang dengan mendadak.

Kondisi ini bisa terjadi karena adanya perdarahan subarachnoid atau pendarahan di dalam otak yang disebabkan oleh aneurisma yang bocor.

"Terasa seperti Anda dipukul dengan palu, itu sakit kepala yang berbahaya," kata Mark Maroko, MD, seorang profesor klinis dan dokter ER di University of California, Los Angeles Medical Center seperti dikutip dari detikHealth.

2. Sakit Kepala Terasa Sangat Parah

Salah satu gejala yang perlu diwaspadai adalah saat sakit kepala yang datang terasa sangat berat dan lebih parah dibandingkan biasanya.

Saat kondisi ini terjadi, anda perlu mewaspadainya dan lebih baik memeriksakan diri ke dokter.

3. Sakit Kepala Disertai Demam

Gejala sakit kepala yang berbahaya juga bisa dibarengi dengan munculnya demam. Seseorang juga harus semakin waspada jika terlihat adanya kondisi mental yang berubah, misalnya kesulitan mengingat nama keluarga dan sejenisnya.

Sakit kepala seperti itu bisa menjadi penanda adanya gangguan di otak, seperti radang otak maupun meningitis.

4. Sakit Kepala Terasa di Sekitar Mata

Sakit kepala yang terasa terjadi di sekitar mata juga perlu untuk diwaspadai. Sakit kepala ini bisa mengindikasikan terjadinya glaukoma akut atau penumpukan tekanan di mata yang memotong aliran darah.

Jika dibiarkan, kondisi ini bisa sangat membahayakan dan bisa memicu kebutaan.

5. Sakit Kepala Terasa di Pelipis

Sakit kepala yang terasa di pelipis perlu untuk diwaspadai, terutama bagi seseorang dengan usia di atas 50 tahun. Sebab, sakit kepala seperti itu bisa menjadi tanda terjadinya arteritis temporal atau suatu kondisi di mana arteri di pelipis meradang.

Penyakit arteritis temporal ini harus mendapat pengobatan segera agar tidak memicu kebutaan.



Simak Video "Saat Menkes Singgung Konglomerat Berobat Pakai BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)