Gibran Kena COVID Lagi, Dinkes Solo: Kemampuan Fisik Ada Batasnya

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Jumat, 19 Agu 2022 17:57 WIB
Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, Selasa (2/8/2022).
Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikJateng)
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dinyatakan positif COVID-19 sejak Rabu (17/8) lalu. Dinas Kesehatan Kota Solo pun kembali mengingatkan bahwa virus Corona masih ada dan bisa membahayakan kelompok tertentu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan kelompok rentan antara lain lansia dan orang dengan komorbid. Terbukti saat ini masih ditemukan kasus kematian akibat COVID-19.

"Kegiatan ekonomi terus berjalan tapi tetap wajib protokol kesehatan, karena saat ini banyak yang tanpa gejala. Bahayanya kalau mengenai orang yang daya tahan rendah, komorbid, lansia. Angka kematian memang rendah, tapi masih ditemukan, itu yang bahaya," kata Ning, sapaannya, saat dijumpai di Hotel Alila, Solo, Jumat (19/8/2022).


Berdasarkan data Dinas Kesehatan, hari ini ada penambahan 10 orang positif, 20 orang sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. Total kasus aktif hari ini 197 orang, yakni 172 orang isolasi mandiri dan 25 orang dirawat.

Ditanya soal aktivitas Gibran yang padat, Ning mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk menjaga imunitas. Sebab imunitas dapat berpengaruh dengan penularan COVID-19.

"Untuk semua warga saja, termasuk wartawan harus menjaga imunitas. Harus sadar, kemampuan fisik ada batasnya," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali dinyatakan positif COVID-19. Sudah dua hari ini Gibran tidak berdinas di Balai Kota Solo maupun berkegiatan di lapangan.

Kabar ini diketahui saat Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menghadiri pembukaan T-Hub Solo by Tokocrypto di Jalan Gatot Subroto, Solo, hari ini. Dalam sambutannya, Teguh mengatakan Gibran tidak dapat hadir karena sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

"Di tengah situasi COVID-19 yang meningkat, kerja-kerja membangkitkan ekonomi dan UMKM ini hampir setiap hari dilakukan. Mungkin karena fisik yang tidak begitu prima karena pekerjaan dan tanggung jawab beliau sebagai Wali Kota, beliau (Gibran) isoman lagi," kata Teguh di T-Hub Solo, Jumat (19/8).



Simak Video "Gibran Siap Bikin Regulasi Setop Kuliner Daging Anjing"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/rih)