Positif COVID-19, Gibran Batal Ikuti Pawai Pembangunan di Solo Sore Ini

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Jumat, 19 Agu 2022 15:45 WIB
Sejumlah warga RW 06 Cipete Utara, Kebayoran Baru, tengah melakukan Pawai  di jalan Antasari, Jakarta Selatan, Rabu (17/8/2022).
Ilustrasi. Sejumlah warga RW 06 Cipete Utara, Kebayoran Baru, tengah melakukan Pawai di jalan Antasari, Jakarta Selatan, Rabu (17/8/2022). Foto: Grandyos Zafna
Solo -

Karena terpapar COVID-19, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dipastikan tidak mengikuti Pawai Pembangunan sore ini. Rencananya, Gibran akan mengenakan pakaian adat dalam pawai di Jalan Slamet Riyadi, Solo, tersebut.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Solo, Herwin Nugroho, mengatakan pawai sore ini dipimpin Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa beserta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Rencananya Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo mengenakan pakaian adat. Saat pembahasan masih belum final pakaiannya apa, akhirnya tidak jadi (karena Gibran positif COVID-19). Nanti Pak Wawali pakai baju resmi," kata Herwin saat dihubungi detikJateng, Jumat (19/8/2022).


Rencananya, Pawai Pembangunan akan dimulai pukul 15.00 WIB dari Lapangan Kota Barat menuju Balai Kota Solo. Jalan Moewardi, Jalan Slamet Riyadi, dan Jalan Jenderal Sudirman ditutup selama kegiatan.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo Aryo Widyandoko mengatakan Pawai Pembangunan digelar untuk memperingati HUT ke-77 RI. Pawai diikuti 49 OPD, 9 perbankan dan stakeholder, serta 12 komunitas. Pawai mengambil tema 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'.

"Sejumlah tamu VIP juga mengikuti pawai. Mereka naik kendaraan listrik menuju simpang Gendengan. Sampai di Gendengan, para tamu ini akan naik kendaraan tempur TNI," kata Aryo.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali dinyatakan positif COVID-19. Sudah dua hari ini Gibran tidak berdinas di Balai Kota Solo maupun berkegiatan di lapangan.

Kabar ini diketahui saat Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menghadiri pembukaan T-Hub Solo by Tokocrypto di Jalan Gatot Subroto, Solo, hari ini. Dalam sambutannya, Teguh mengatakan Gibran tidak dapat hadir karena sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

"Di tengah situasi COVID-19 yang meningkat, kerja-kerja membangkitkan ekonomi dan UMKM ini hampir setiap hari dilakukan. Mungkin karena fisik yang tidak begitu prima karena pekerjaan dan tanggung jawab beliau sebagai Wali Kota, beliau (Gibran) isoman lagi," kata Teguh di T-Hub Solo, Jumat (19/8).



Simak Video "Gibran Rakabuming Positif Covid-19 Ketiga Kalinya"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/aku)