Jurus Bea Cukai Surakarta Kenalkan Cukai Melalui Seni Budaya

Sukma Nur - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 14:55 WIB
Bea Cukai Surakarta
Foto: Bea Cukai Surakarta
Jakarta -

Bea Cukai Surakarta bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen, Boyolali, dan Klaten bersinergi menyelenggarakan Sosialisasi ketentuan di Bidang Cukai melalui seni dan budaya, yaitu ketoprak, wayang kulit, dan festival band. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Kampanye Gempur Rokok Ilegal dan digelar serentak pada Sabtu Malam (13/08).

"Salah satu ciri-ciri rokok ilegal adalah rokok polos, yaitu rokok tanpa pita cukai. Selain itu rokok dengan pita cukai palsu dan bekas juga merupakan rokok ilegal. Kami menghimbau bapak ibu jika menemukan rokok ilegal jangan dibeli dan segera melapor ke Bea Cukai atau Satpol PP," ujar petugas penyuluhan dari Bea Cukai Surakarta Rusli dalam keterangan tertulis, Selasa (16/8/2022).

Hal tersebut disampaikannya saat menjelaskan kepada masyarakat sebelum pertunjukan ketoprak dimulai di Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Dewi Sri Kecamatan Masaran, Sragen, Jawa Tengah.


Sementara itu, di daerah Kabupaten Boyolali sosialisasi ketentuan cukai digelar di halaman kantor Kecamatan Gladagsari dan dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit. Sosialisasi dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, perwakilan dari DPRD, dan jajaran pemerintah daerah Kabupaten Boyolali.

Sedangkan di Kabupaten Klaten, sosialisasi digelar dalam acara festival band. Dalam kesempatan ini, pemuda di Kabupaten Klaten unjuk gigi menampilkan bakatnya dalam bermain musik. Acara ini berhasil menarik minat anak muda dan masyarakat sekitar, sehingga dimanfaatkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai konsep cukai, tujuan pengenaan cukai, barang kena cukai dan tidak lupa materi rokok ilegal.

Di sisi lain, di daerah Solo Raya, Bea Cukai Surakarta menyambut baik kerjasama dengan pemerintah kabupaten setempat dalam penyelenggaraan sosialisasi di bidang cukai. Sebelumnya kegiatan sosialisasi dilakukan dan dikemas dalam suasana formal, tapi pada tahun 2022 kegiatan sosialisasi dilakukan dengan cara yang lebih disukai dengan masyarakat sehingga sosialisasi bisa tersampaikan dengan baik.

Dengan adanya sosialisasi dalam balutan seni budaya ini, diharapkan dapat menarik antusiasme masyarakat dan menambah pemahaman masyarakat mengenai cukai serta membantu pemerintah untuk mengamankan penerimaan negara untuk #GempurRokokIlegal



Simak Video "Bea Cukai Solo Sita 31 Ribu Batang Rokok Ilegal di Sukoharjo-Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)