Tips Aman Olahraga bagi Penderita Penyakit Jantung

Tim detikHealth - detikJateng
Selasa, 16 Agu 2022 00:15 WIB
9 Pantangan Makanan Penyakit Jantung, Daging Merah hingga Soda
Ilustrasi. Foto: Getty Images/MarsBars
Solo -

Olahraga penting untuk dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Bahkan, penderita penyakit jantung juga masih bisa melakukan aktivitas ini.

Hanya saja, penderita penyakit jantung harus berkonsultasi dengan dokter terkait dengan jenis olahraga yang dipilihnya. Dokter akan memberikan rekomendasi mengenai gerakan-gerakan olahraga yang bisa dilakukan.

Saat melakukan olahraga, penderita penyakit jantung perlu memperhatikan beberapa hal agar olahraga yang dilakukan menjadi menyenangkan dan tidak membahayakan. Dikutip dari detikHealth, berikut ini beberapa tipsnya.


Tips Berolahraga

1. Lakukan dengan Santai

Gerakan-gerakan olahraga harus dilakukan dengan santai. Hal ini perlu dilakukan agar jantung tidak bekerja terlalu keras.

2. Olahraga di Dalam Ruang

Penderita penyakit jantung sebaiknya melakukan olahraga di dalam ruangan. Hal itu untuk menghindari cuaca yang terlalu panas, dingin atau lembap.

Namun berjalan kaki pagi di sekitar kompleks perumahan masih boleh dilakukan.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Selama melakukan olahraga kebutuhan cairan tubuh harus tetap terpenuhi. Bahkan kalau bisa kita harus minum sebelum merasa haus.

Usai melakukan olahraga hindari mandi dengan air hangat atau melakukan sauna. Sebab, mandi air hangat akan membuat jantung bekerja dengan lebih cepat.

Kapan Harus Istirahat?

Orang yang menderita penyakit jantung perlu untuk mengetahui kondisi tubuhnya. Saat kondisi tubuh sedang tidak fit, sebaiknya penderita penyakit jantung tidak melakukan olahraga terlebih dulu.

Anda harus istirahat dan berhenti berolahraga saat merasakan:

  • Merasa lemah
  • Mengalami peningkatan atau pembengkakan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebaiknya hubungi dokter
  • Rasakan tekanan atau nyeri di dada, leher, lengan, rahang atau bahu
  • Khawatir karena alasan apapun.


Simak Video "Menkes Sebut Masih Banyak Pengidap Jantung Tak Bisa Pasang Ring"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/mbr)