Hujan Lebat di Solo Raya, Jalan Tergenang-Kereta Api Terlambat

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 20:33 WIB
Kereta api yang mengalami keterlambatan karena relnya tergenang air, Sabtu (13/8/2022).
Kereta api yang mengalami keterlambatan karena relnya tergenang air, Sabtu (13/8/2022). Foto: dok. PT KAI
Solo -

Hujan lebat mengguyur Kota Solo dan sekitarnya pada Sabtu (13/8/2022) sore. Akibatnya, sejumlah jalan dan rel sempat tergenang air sehingga membuat sejumlah perjalanan kereta api mengalami keterlambatan.

Genangan air terjadi antara lain di Km 93+4/6 petak jalan Kalioso-Salem, Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Air hujan menggenangi rel sekitar pukul 17.15 WIB.

"Kami menerima laporan dari petugas di Sumberlawang bahwa terdapat genangan air di km 93+4/6 petak jalan Kalioso-Salem, imbas hujan deras yang mengguyur lokasi," kata Manajer Humas Daop 6 PT KAI, Supriyanto saat dihubungi detikJateng, Sabtu (13/8/2022).


Kemudian pukul 17.22 WIB, KA Brantas yang melintas di lokasi terpaksa berhenti di Stasiun Kalioso. Namun akhirnya kereta bisa berjalan, meski hanya dengan kecepatan 5 km per jam.

"KA 109 (KA Brantas) sempat berhenti luar biasa di Stasiun Kalioso untuk menerima pemberitahuan tersebut. Selanjutnya KA Brantas melanjutkan perjalanan dengan kecepatan 5 km melewati lokasi tersebut," ujarnya.

Sedikitnya ada tiga kereta yang mengalami keterlambatan. Tiga kereta itu ialah KA Brantas yang terlambat 23 menit, KA Joglosemarkerto (191) terlambat 12 menit, dan KA Joglosemarkerto (196) terlambat 70 menit.

Hingga pukul 20.00 WIB, tim KAI masih memantau lokasi. Menurutnya, kereta kini bisa berjalan dengan perlahan.

"Saat ini tim KAI masih memantau serta melakukan pengamanan di lokasi. Kereta bisa berjalan dengan kecepatan 5 km per jam," ujarnya.

Selain itu, sejumlah ruas jalan di Kota Solo sempat tergenang air, antara lain di kawasan Notosuman, Monumen Pers, dan Jalan Supomo. Pukul 19.00 WIB, hujan sudah reda dan kondisi jalan di Solo sudah kembali normal.

"Dari hasil patroli dan laporan masyarakat, hanya ada genangan air di sejumlah ruas jalan," kata Kepala BPBD Solo, Nico Agus Putranto saat dihubungi detikJateng.



Simak Video "Hujan-Angin Kencang di Tangsel, Tembok Tulisan SD Ciputat Roboh"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/apl)