Nyentrik, Ada Upacara Bendera di Dalam Air Umbul Ponggok Klaten

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 20:11 WIB
Pengibaran bendera unik dan menantang digelar di objek wisata air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2022) siang.
engibaran bendera unik dan menantang digelar di objek wisata air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2022) siang. Foto: Dok Pengelola Umbul Ponggok. P
Klaten -

Pengibaran bendera unik dan menantang digelar di objek wisata air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (13/8/2022) siang. Para kru Umbul Ponggok menggelar pengibaran di bawah air.

Kegiatan yang dimulai pukul 14.00 WIB itu layaknya upacara bendera umumnya. Ada inspektur upacara, peserta upacara, dan pengibar bendera.

Bedanya pengibaran bendera merah putih dilakukan di dalam air. Lima kru pengelola objek wisata dengan menggunakan peralatan selam membawa bendera dari daratan, kemudian dibawa menyelam.


Bendera dikibarkan dari dasar kolam air yang bening dengan sebuah tiang besi yang ditanam di tengah kolam. Bendera beberapa saat kemudian muncul di permukaan sampai ke puncak tiang.

Ratusan pengunjung berdiri di setiap sudut kolam. Mereka melakukan hormat bendera sebagaimana upacara umumnya.

Dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, upacara berjalan lancar. Bendera di puncak tiang disusul teriakan para penyelam, "Siapa kita? Indonesia," teriak mereka keras.

Upacara Bendera memeriahkan HUT RI di bawah air Umbul Ponggok, Klaten.Upacara Bendera memeriahkan HUT RI di bawah air Umbul Ponggok, Klaten. Foto: Dok Pengelola Umbul Ponggok

"Ini agenda tahunan sebenarnya. Cuma dua tahun terakhir karena pendemi COVID kan tidak ada pengunjung tapi tetap diadakan," ungkap inspektur upacara, Suyantoko kepada detikJateng di lokasi.

Menurut Suyantoko, peserta dan penyelenggara upacara memeriahkan HUT RI itu adalah para karyawan. Namun para pengunjung juga diajak.

"Kita juga libatkan pengunjung ikut serta membangun rasa nasionalisme. Under water upacara ini diharapkan juga menjadi daya tarik dan ciri khas Umbul Ponggok," lanjut Suyantoko, yang juga selaku pengelola.

Salah seorang pengunjung, Diki, mengatakan upacara di dalam air cukup menarik. Pengunjung yang belum pernah menyaksikan sempat kaget.

"Ya tadi kaget kok ada upacara, ternyata pengibaran bendera di tengah kolam. Benderanya dari bawah air," kata Diki kepada detikJateng.



Simak Video "Kirab Budaya Replika Merah Putih Tutup Perayaan HUT ke-77 RI di Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/dil)