Puting Beliung Terjang Wilayah Kudus, Pasar-Puluhan Rumah Rusak

Dian Utoro Aji - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 19:05 WIB
Kondisi pasar di Desa Undaan Kidul, Kudus yang diterjang angin puting beliung, Sabtu (13/8/2022).
Kondisi pasar di Desa Undaan Kidul, Kudus yang diterjang angin puting beliung, Sabtu (13/8/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng.
Kudus -

Angin puting beliung menerjang di dua desa Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sore tadi. Akibatnya puluhan rumah dan pasar desa rusak parah di dua desa tersebut.

Pantauan detikjateng di lokasi pasar Desa Undaan Kidul rusak parah, Sabtu (13/8/2022) pukul 17.30 WIB. Atap bangunan pasar mengalami kerusakan parah akibat diterjang angin puting beliung.

Tak hanya itu atap rumah warga pun rusak akibat diterjang angin puting beliung. Sebagian besar genteng hilang tersapu angin. Hingga petang ini warga masih mendata kerusakan akibat puting beliung.


Salah satu warga Undaan Kidul Slamat (65) mengatakan kejadian bermula saat ada hujan deras disertai angin sekira pukul 15.00 WIB. Lalu atap rumah dan pasar tersapu angin.

"Kejadian jam 15.00 WIB, hujan deras, saya pulang sudah rusak. Atap rumah rusak. Genteng rusak, depan juga rusak," terang Slamet kepada detikJateng di lokasi.

Kondisi pasar di Desa Undaan Kidul, Kudus yang diterjang angin puting beliung, Sabtu (13/8/2022).Kondisi pasar di Desa Undaan Kidul, Kudus yang diterjang angin puting beliung, Sabtu (13/8/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

Menurutnya selain rumah warga, Pasar Wage yang ada di desa tersebut atapnya juga rusak parah. Atap yang terbuat dari seng itu terbang terbawa angin puting beliung.

"Pasar kena angin, atapnya. Belum ada tindak lanjut," terang dia.

Dalam kesempatan yang sama perangkat Desa Kidul, Muh Nur Huda menerangkan ada 30 rumah rusak ringan dan parah. Adapun pasar desa mengalami kerusakan yang cukup parah.

"Tadi sore sekitar asar ada angin puting beliung, nerak (menerjang) pasar, dan rumah, jaringan listrik," jelas Huda ditemui di lokasi petang ini.

"Keadaan rumah dan pasar rusak, 30 rumah rusak dan pasar total," jelasnya.

Dia mengatakan kerusakan rumah terjadi di RT 5 dan RT 8 RW 1 Desa Undaan Kidul. Kata dia data tersebut masih sementara, diperkirakan lebih dari 30 rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung.

Kondisi pasar di Desa Undaan Kidul, Kudus yang diterjang angin puting beliung, Sabtu (13/8/2022).Kondisi pasar di Desa Undaan Kidul, Kudus yang diterjang angin puting beliung, Sabtu (13/8/2022). Foto: Dian Utoro Aji/detikJateng

"Kerusakan pasar 80 persen, rumah warga RT 5,RT 8 RW 1 ada 30 rumah, yang parah 10 rumah, atapnya rusak parah," terangnya.

Warga berharap agar ada perhatian dari dinas terkait. Apalagi kondisi warga sedang darurat usai terjadi angin puting beliung.

"Harapannya agar dinas terkait dan bupati untuk mengecek ke sini, karena kondisinya memang darurat," pungkas Huda.

Kasi Kedarurat dan Logistik pada BPBD Kudus, Munaji mengatakan angin puting beliung juga terjadi di Desa Glagah Waru Kecamatan Undaan. Ada empat rumah warga yang terkena angin puting beliung.

"Disebabkan hujan deras disertai angin, ada empat rumah warga," jelas Munaji dalam keterangan singkatnya petang ini.



Simak Video "Penampakan Puluhan Rumah di Kulon Progo Rusak Diterjang Puting Beliung"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/dil)