Hujan Deras 3 Jam, 20 Rumah di Polanharjo Klaten Tergenang

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Sabtu, 13 Agu 2022 18:59 WIB
Genangan di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Klaten.
Genangan di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Klaten. Foto: Tangkapan layar.
Klaten -

Hujan deras selama tiga jam yang mengguyur wilayah Klaten menyebabkan sekitar 20 rumah warga di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo tergenang. Air dari saluran dan jalan meluap di dua RT.

"Ini RT 3 dan RT 7 Dusun Deresan dan Suratmanan. Ini saya masih di lapangan," ungkap Kades Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Gunawan Budi Utomo kepada detikJateng, Sabtu (13/8/2022) malam.

Gunawan menyampaikan wilayah terdampak mulai lapangan desa ke Utara yang cekung. Jumlah rumah terdampak sekitar 20 rumah.


"Yang terdampak sepanjang saluran. Sekitar 20-an rumah sementara," jelas Gunawan.

Terjadinya genangan setiap hujan turun, imbuh Gunawan, sudah biasa terjadi bahkan sejak dua tahun terakhir. Kondisi ini kemungkinan disebabkan dampak dari adanya proyek tol Jogja-Solo.

"Mungkin juga proyek jalan tol berkontribusi pada pendangkalan sungai. Karena sebagian tanah di proyek terbawa arus ke saluran saat hujan," sambung Gunawan.

Pantauan detikJateng di wilayah kecamatan Polanharjo, Delanggu, Wonosari dan sekitarnya, hujan turun sekitar pukul 14.00 WIB. Sempat reda tetapi pukul 15.30 WIB kembali hujan deras sampai pukul 18.00 WIB.

Berbeda di kecamatan dataran rendah, di kawasan puncak Gunung Merapi justru hanya gerimis. Tidak terjadi hujan intensitas deras.

"Di Desa Balerante sejak siang hujan gerimis tetapi belum ada indikasi hujan di puncak Merapi. Masih aman terkendali," ungkap Didik relawan Balerante, Desa Balerante, Kecamatan Kemalang saat diminta konfirmasi detikJateng.

Diwawancarai terpisah, Kalak BPBD Pemkab Klaten, Sri Winoto menyampaikan sudah mendapatkan laporan genangan di Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo. BPBD telah mengirimkan tim reaksi cepat.

"Kita sudah kirim Tim reaksi cepat ke lokasi. Informasi sementara ada rumpun bambu menghalangi, kita sedang cek," papar Winoto kepada detikJateng.



Simak Video "Hujan-Angin Kencang di Tangsel, Tembok Tulisan SD Ciputat Roboh"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/dil)