Peringati HUT Jateng, Konser Rapsodia Nusantara Digelar di Semarang

Inkana Putri - detikJateng
Jumat, 12 Agu 2022 20:17 WIB
HUT Jateng ke-72, Ganjar Inisiasi Konser Rapsodia Nusantara
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan menggelar konser Rapsodia Nusantara di Kelenteng Agung Sam Poo Kong, Kota Semarang, Sabtu (13/8). Konser ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Jateng ke-72.

"Momentum ini, Pak Ganjar ingin memberikan hiburan sekaligus edukasi bagi masyarakat dengan adanya satu musik kolaborasi," ujar Konduktor sekaligus Penata Musik dan Pendiri World Peace Orchestra, Dwiki Dharmawan dalam keterangan tertulis, Jumat (12/8/2022).

Disajikan dalam format orkestra, konser ini menampilkan kolaborasi World Peace Orchestra dengan sederet seniman inspiratif seperti Andy Rif, Dira Sugandi, Gabriel Harvianto, Filda C Wibowo, dan Nano Tirto. Acara tersebut juga akan menampilkan musisi dan artis Jateng mulai dari Sruti Respati, NDX AKA, kelompok musik Kolintang Gratia, hingga Gamelan Soepra.


Terkait pagelaran ini, Dwiki menyebut pihaknya telah berdiskusi dengan Ganjar. Dari acara itu, katanya, Ganjar ingin memunculkan nilai kebhinekaan, toleransi, dan semangat kebangkitan ekonomi kreatif serta ekonomi sosial budaya.

"Saya mendukung ini dan tidak mau setengah-setengah. Saya bersama Pak Gubernur coba dari Jateng membuat konser terheboh dan terbesar. Kami sampaikan pesan (ide dari Ganjar) lewat musik," paparnya.

Dwiki pun menambahkan Rapsodia Nusantara merupakan momentum tepat untuk menyampaikan gagasan tentang ke-Indonesiaan. Sebab menurutnya, Jateng merupakan representatif dari Indonesia.

"Jawa Tengah itu representatif dari Indonesia. Indonesia mini," katanya.

Sementara itu, Andy Rif mengaku konser ini menjadi momen pertama dirinya tampil di Sam Poo Kong. Ia bahkan menyebut konser ini akan memberinya pelajaran baru.

"Iya, ini baru pertama main di Sam Poo Kong. Dalam konser ini saya banyak belajar karena ada sesuatu yang baru," pungkasnya.

(akd/ega)