Gerindra-PKB Resmi Deklarasi Koalisi 13 Agustus, Siapa Capresnya?

Uje Hartono - detikJateng
Kamis, 11 Agu 2022 17:29 WIB
Ketua DPW PKB Jawa Tengah Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf saat launching pendaftaran bakal calon legislatif PKB di Banjarnegara, Kamis (11/8/2022).
Ketua DPW PKB Jawa Tengah Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf (memukul gong) saat launching pendaftaran bakal calon legislatif PKB di Banjarnegara, Kamis (11/8/2022). (Foto: Uje Hartono/detikJateng)
Banjarnegara -

Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf menyebut koalisi antara PKB dengan Partai Gerindra akan dideklarasikan 13 Agustus 2022 mendatang. Sementara terkait calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang akan diusung, Gus Yusuf menyebut, masih dalam proses.

"Untuk koalisi sudah pasti. Besok tanggal 13 Agustus akan dideklarasikan koalisi PKB dan Gerindra. Soal Capres dan Cawapres masih dalam proses," ujarnya saat launching pendaftaran bakal calon legislatif PKB di Banjarnegara, Kamis (11/8/2022).

Gus Yusuf menargetkan pasangan Capres dan Cawapres yang diusung PKB dan Gerindra di Jawa Tengah akan menyamai perolehan suara Sudirman Said-Ida Fauziah pada Pilgub Jawa 2018 lalu. Saat itu, pasangan tersebut memperoleh suara 41 persen.


"Dulu saat Pilgub Jateng, Pak Dirman dan Bu Ida memperoleh 41 persen. Besok kurang lebih sama dengan suara saat Pilgub. Tentunya tanpa mengurangi peran dari partai lain," sambungnya.

Namun, terkait nama Capres dan Cawapres saat ini masih dalam proses. Dalam internal PKB masih melakukan langkah-langkah untuk menentukan nama yang akan diusung menjadi Capres atau Cawapres.

"Semua partai punya cara penentuan Capres dan Cawapres masing-masing. Di PKB, masih konsultasi dengan ulama, istikharah dan lain-lain baru diumumkan," terangnya.

Kepada kader PKB, ia meminta untuk segera menjalankan mesin partai. Mengingat pelaksanaan Pemilu dan Pilpres sudah tidak lama lagi.

"Mesin partai segara jalan, kegiatan-kegiatan segara dihidupkan. Karena nanti kan baik Pileg maupun Pilpres akan digelar bareng," tambahnya.



Simak Video "Mantap Berkoalisi, PKB-Gerindra Segera Resmikan Sekretariat Bersama"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/rih)