Begini 8 Cara Menambah Font Baru di PC, Mahasiswa Wajib Paham

Tim detikJateng - detikJateng
Kamis, 11 Agu 2022 04:01 WIB
A background from many historic typographical letters in black and white with white background.
Foto: ilustrasi/thinkstock
Solo -

Kebutuhan perangkat lunak digital untuk pekerjaan seringkali tak lepas dari Microsoft Office. Melalui fitur-fitur aplikasinya seperti Word, Excel, Powerpoint, dan sebagainya, kamu dapat mengolah data sesuai kebutuhan.

Terkadang untuk memenuhi standar pekerjaan ataupun sekadar unsur estetika, dibutuhkan jenis font (huruf) tertentu. Bagaimana kalau pengaturan dasar Microsoft Office atau pada Personal Computer (PC) milikmu belum tersedia gaya font yang diinginkan?

Maka yang kamu butuhkan adalah cara untuk menambahkan gaya font baru demi menyempurnakan hasil kerjamu. Dilansir dari laman resmi Microsoft, berikut langkah-langkah untuk menambahkan gaya font baru pada PC mu:


6 Cara Menambahkan Gaya Font Baru di PC

1. Unduh file font sesuai kriteria yang kamu inginkan. Kamu dapat mengunjungi situs penyedia font gratis seperti dafont.com.
2. File yang telah terunduh sering kali dikompresi dalam folder zip. Dalam satu folder tersebut biasanya terdapat variasi font yang sama, seperti light dan heavy.
3. Kamu bisa langsung ekstrak file font yang masih berbentuk kompres. Caranya, klik kanan lalu pilih 'ekstrak'. Tapi pastikan kamu sudah menginstall aplikasi kompresi seperti WinRAR.
4. Pilih gaya font yang ingin kamu pakai dengan cara klik kanan lalu klik Instal
5. Jika muncul tampilan untuk pengizinan program dapat membuat perubahan komputer, dan kamu sudah yakin akan sumber font tersebut, maka klik 'Ya'.
6. Gaya font baru yang kamu inginkan akan muncul dalam daftar font di aplikasi-aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, Powerpoint, dan sebagainya.

2 Cara Lain Instal dan Kelola Font

Selain 6 cara di atas, ada 2 cara lain untuk menginstal dan mengelola font. Berikut caranya:

1. Semua font disimpan di folder C:WindowsFonts. Kamu juga dapat menambahkan font cukup dengan menyeret file font dari folder file yang diekstrak ke folder ini. Windows akan otomatis menginstal font. Kalau kamu ingin melihat bagaimana font itu terlihat, buka folder Font, klik kanan 'file font', lalu klik 'Pratinjau'.

2. Cara lain untuk melihat font kamu yang sudah diinstal adalah melalui Panel Kontrol. Untuk Windows 7 dan Windows 10, silakan masuk ke Panel Kontrol > Font. Di Windows 8.1, silakan masuk ke Panel Kontrol > Tampilan dan Personalisasi > Font. Pada saat kamu membuka Word misalnya, maka otomatis akan muncul font yang ditambahkan di dalam daftar Font.



Simak Video "Microsoft Pangkas Lowongan Kerja Imbas Melemahnya Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)