Ternyata! Ini Sebab Air Sungai Banjarnegara Mendadak Berwarna Putih Susu

Uje Hartono - detikJateng
Rabu, 10 Agu 2022 18:07 WIB
Banjarnegara -

Kali Sapi di Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara viral di media sosial usai airnya berubah warna bak air susu. Perubahan warna ini ternyata dipicu pengolahan pasir putih di bagian atas sungai.

Penambang pasir putih di Desa Petir, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara pun angkat bicara terkait kondisi itu. Perwakilan penambang pasir putih Desa Petir, Atong Sugiyanto tidak memungkiri perubahan warna air di Kali Sapi disebabkan adanya penambangan pasir.

"Jujur kami akui (perubahan warna air sungai) tidak terlepas dari adanya kegiatan masyarakat yang mencari rezeki di pencucian pasir," ujar Atong saat dihubungi detikJateng, Rabu (10/8/2022).


Sebagai upaya pencegahan, pihaknya mengaku akan segera menambah jumlah bendungan di lokasi penambangan pasir. Bendungan tersebut dimaksudkan agar sedimen bisa mengendap dan tersaring.

"Sebagai pengendalian, kami akan menambah jumlah bendungan. Agar sedimen mengendap dan tersaring. Sehingga aliran air sungai bisa digunakan sebagaimana mestinya," lanjutnya.

Saat ini, kata Atong, baru ada dua bendungan yang digunakan untuk mengendapkan sedimen. Pihaknya akan menambah dua lagi. Menurutnya, empat bendungan akan cukup untuk menyaring air sungai.

"Sekarang kami sudah punya dua bendungan. Dan akan menambah dua lagi. Saya pikir dengan empat bendungan sudah cukup," kata dia.

Atong mengaku memahami keluhan warga terkait pencemaran sungai itu. Sehingga ia akan segera merampungkan pembuatan bendungan tersebut.

"Kami juga punya perasaan, seandainya saya di posisi warga yang tinggal di sekitar aliran sungai. Intinya kami akan segera menambah bendungan lagi. Besok mulai dikerjakan," tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Kali Sapi di Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara viral di media sosial. Pasalnya air sungai mendadak berubah warna menjadi putih bak air susu.

Aliran sungai yang berwarna putih ini sempat diabadikan warga dan kemudian viral di Instagram. Video yang diunggah akun @banjarnegaraterkini ini sudah mendapat respons lebih dari 1.500 warganet.

"Iya benar, airnya (di Kali Sapi) jadi berwarna putih," ujar salah seorang warga Desa Kaliajir, Kuwati saat ditemui di rumahnya, Rabu (10/8).

Padahal warga kerap memanfaatkan air sungai tersebut untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari mandi hingga mencuci, mengingat wilayah Desa Kaliajir merupakan desa rawan kekeringan saat musim kemarau.

"Kalau tidak keruh seperti ini biasanya sungai ini untuk mandi dan mencuci pakaian. Dibikin sumur-sumur kecil. Tapi sekarang kondisinya seperti ini jadi tidak berani memanfaatkan airnya lagi," ungkapnya.

(aku/apl)