Umbul-umbul Nyangkut Kabel, 2 Pengunjung Pengajian di Magelang Tewas Kesetrum

Eko Susanto - detikJateng
Senin, 08 Agu 2022 13:26 WIB
Garis polisi, police line. Rachman Haryanto /ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Kab Magelang -

Sejumlah orang tersengat listrik saat menghadiri pengajian di Desa Banjaragung, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Akibatnya dua orang tewas dan beberapa pengunjung mengalami luka bakar.

Video kejadian ini diunggah di akun instagram @magelang_raya. Dalam unggahannya, video tersebut diberi keterangan 6 orang tersengat listrik saat membawa umbul-umbul acara pengajian di Sumberarum Magelang. Dalam keterangan juga disebutkan, kejadian ini berlangsung pada Minggu (7/8) sekitar pukul 22.00 WIB.

Dalam video terlihat pengajian tersebut dihadiri oleh banyak orang. Sebagian pengunjung membawa tiang panjang yang dipasangi umbul-umbul.


Salah satu tiang ini kemudian menyentuh kabel jaringan listrik yang ada di atasnya. Muncul percikan api sebelum umbul-umbul itu ambruk.

Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut Kapolres, insiden tersebut membuat dua orang tewas.

"Untuk Kajoran tadi malam terjadi masyarakat tersengat aliran listrik ketika menghadiri pengajian. Ada dua korban yang meninggal dunia dan beberapa lainnya mengalami luka bakar," kata Sajarod kepada wartawan, Senin (8/8/2022).

"Untuk yang meninggal dunia sudah diserahkan kepada pihak keluarga. Yang mengalami luka bakar sudah dirawat," ujar Sajarod.

Identitas Korban

Sementara itu Camat Kajoran Supranowo menyebut lima korban dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami luka bakar.

"Dalam kejadian itu dua orang meninggal dunia. Lima orang mengalami luka bakar," kata Camat Kajoran Supranowo saat dihubungi, Senin (8/8).

Untuk dua orang yang meninggal dunia yakni M Sofiyan Yakub (22) dan Ahmad Chariswan (21), keduanya warga Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.

Sedangkan lima orang yang mengalami luka bakar baik ringan, sedang maupun berat yakin Wahyudi (48) warga Kota Magelang; Yunus Rasimon (21), warga Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo; Yuli Puji Astuti (30), warga Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo; Muhammad Rizki Hasan (24), warga Kecamatan Margadana, Kabupaten Tegal dan Ahmad Mahfud (22), warga Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo.

"Yang mengalami luka berat, ringan dan sedang ada lima orang. Sementara itu yang mengalami luka di ada yang dibawa menuju Puskesmas Kajoran 1 dan RSU Tidar," katanya.



Simak Video "Ngeri, 3 Pekerja di Palu Tewas Terkapar usai Disengat Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)