Nakes Kota Tegal Belum Vaksin Booster Kedua: Butuh Moderna, Logistik Tak Ada

Imam Suripto - detikJateng
Jumat, 05 Agu 2022 17:40 WIB
Kepala Dinkes Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari, Jumat (5/8/2022).
Kepala Dinkes Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari, Jumat (5/8/2022). (Foto: Imam Suripto/detikJateng)
Kota Tegal -

Dinas Kesehatan Kota Tegal, Jawa Tengah, hingga hari ini belum bisa menyelenggarakan vaksin booster kedua atau dosis empat untuk para nakes. Alasannya, sampai saat ini, logistik vaksin yang dibutuhkan yakni Moderna untuk nakes belum ada.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr Sri Primawati Indraswari menjelaskan, vaksin booster dua bagi nakes masih menunggu ketersediaan logistik vaksin. Para nakes ini akan menggunakan vaksin Moderna.

"Untuk booster kedua diprioritaskan buat nakes. Tapi harus sama dengan booster pertama. Nakes itu rata-rata pake Moderna dan ini logistiknya belum ada," ungkap Kepala Dinkes yang juga menjabat Pj Sekretaris Kota Tegal, Jumat (5/8/2022).


Karena semua nakes saat booster pertama menggunakan vaksin Moderna, maka untuk yang kedua juga wajib menggunakan jenis yang sama. Ketersediaan vaksin itu, saat ini belum ada sehingga belum ada satu pun nakes yang divaksin.

"Kalau (booster pertama) pertama pakai Pfizer bisa pakai Pfizer, tapi rata-rata kan pakai Moderna. Kalau pertama Moderna yang kedua juga harus Moderna lagi. Karena stoknya belum ada, sampai hari ini belum ada yang divaksin," terangnya.

Meski belum memiliki stok vaksin booster dosis kedua, Primawati berjanji akan mengusahannya. Dia berharap, dalam satu minggu ke depan akan mendapat kiriman vaksin sehingga langsung diberikan ke nakes. Ada sekitar 3.100 orang nakes di Kota Tegal yang akan divaksin booster dua. Mereka berasal dari 3 Rumah Sakit, 8 Puskesmas dan dari kantor Dinas Kesehatan.

"Secara teknis sudah siap, semoga minggu depan bisa mulai," harapnya.



Simak Video "Komunitas Warteg Dukung Ganjar, Bagikan Ribuan Nasi ke Ojol"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/aku)