Cerita Nova Ruth Kampanye Lingkungan Keliling Dunia, Konser Musik di Atas Kapal

Mukhammad Fadlil - detikJateng
Kamis, 04 Agu 2022 22:24 WIB
Kapal Arka Kinari milik Nova Ruth di Rembang, Kamis (4/8/2022).
Kapal 'Arka Kinari' milik Nova Ruth di Rembang, Kamis (4/8/2022). (Foto: Mukhammad Fadlil/detikJateng)
Rembang -

Perempuan asal Kota Malang, Jawa Timur, Nova Ruth, getol mengampanyekan isu lingkungan melalui konser musik di atas kapal miliknya, 'Arka Kinari'. Bersama sang suami, Nova mengaku berlayar menjelajahi berbagai samudera menyampaikan pesan penting tentang krisis iklim yang sedang melanda dunia.

'Arka Kinari' merupakan kapal layar tradisional. Kapal itu dibeli suami Nova, Grey Filastine, yang berkebangsaan Spanyol, pada 2019 lalu.

Kamis (4/8/2022) sore, 'Arka Kinari' sedang sandar di Teluk Regol, Desa Binangun, Kecamatan Lasem, Rembang. Saat berbincang dengan detikJateng, di atas kapal miliknya, Nova juga mengaku kampanye itu dilakukannya sejak 2019.


"Persisnya saya sampai lupa, sekitar 13 negara. Beberapa di antaranya di Venezuela, Belanda, Portugal, Maroko, Amerika, Meksiko, Hawai, dan ini Indonesia. Kalau di Indonesia kami sudah singgah di Sorong Papua, Banda Neira di Maluku, Selayar Sulawesi Selatan, sama Bali," tuturnya.

Nova mengungkapkan konser 'Arka Kinari' adalah pertunjukan multimedia yang dipentaskan di atas kapal layar tradisional. Dengan melibatkan laut sebagai pemeran utamanya.

Ia mengajak para penontonnya untuk membayangkan kembali kehidupan setelah ekonomi karbon, ketahanan terhadap perubahan iklim dan penyadaran terhadap satu-satunya hal yang bisa manusia miliki bersama yaitu laut.

"Musiknya itu lebih ke melodi jawa, poliritme yang menghipnotis dan musik elektronik kontemporer digabung oleh kita dengan keluaran audio yang lintas dimensi, menjadikan satu jam pertunjukan mengalir dengan sangat cepat," kata Nova.

Nova Ruth bersama suaminya di Rembang, Kamis (4/8/2022).Nova Ruth bersama suaminya di Rembang, Kamis (4/8/2022). Foto: Mukhammad Fadlil/detikJateng

'Arka Kinari' berukuran panjang 19 meter, dengan dua buah layar serta dilengkapi dengan panel surya. Hal ini yang membuat kapal itu berlayar menggunakan tenaga angin dan menjadikan perjalanannya bebas dari karbon.

Dalam kesehariannya yang lebih banyak dihabiskan di atas kapal, Nova memang cenderung memilih menggunakan energi dari alam untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

"Kita juga mengolah air laut menjadi air tawar konsumsi. Menggunakan sebuah alat," tuturnya di sela perbincangannya bersama detikJateng.

Dalam waktu dekat ini, 'Arka Kinari' akan konser musik di Rembang, tepatnya Sabtu (6/8) malam. Namun lokasinya bukan di atas kapal seperti yang sudah-sudah, melainkan di Kompleks Situs Perahu Kuno, di Desa Punjulharjo, Rembang. Hal itu disebabkan karena tidak ada lokasi yang memungkinkan untuk kapal bersandar.



Simak Video "Tawur Sego, Tradisi Saling Lempar Nasi di Rembang"
[Gambas:Video 20detik]
(aku/sip)