Truk Muat Kayu Terguling Usai Tabrak Motor di Klaten, Begini Kondisi Pemotor

Achmad Hussein Syauqi - detikJateng
Selasa, 02 Agu 2022 17:35 WIB
Kondisi motor emak-emak yang nyaris tertimpa truk muatan kayu di Klaten, Selasa (2/8/2022).
Kondisi motor emak-emak yang nyaris tertimpa truk muatan kayu di Klaten, Selasa (2/8/2022). Foto: Achmad Hussein Syauqi/detikJateng
Klaten -

Kecelakaan melibatkan truk dan sepeda motor terjadi di Jalan Pedan-Cawas, Klaten. Pengendara motor, Sri Purnami (64) warga Desa Kedung Ampel, Kecamatan Cawas, selamat setelah nyaris tertimpa truk sarat muatan kayu jati yang terguling.

"Kondisi korban hanya mengalami luka ringan, jari manis sobek dan tangan lecet. Korban diobservasi di rumah sakit," jelas Kanit Gakkum Satlantas Polres Klaten Iptu Slamet Riyadi saat dimintai konfirmasi wartawan di kantornya, Selasa (2/8/2022).

Dijelaskan Slamet, kecelakaan terjadi di Dusun Jembangan, Desa Plosowangi, Kecamatan Cawas. Awalnya sekitar pukul 12.15 WIB truk muatan kayu jati melaju dari arah Cawas ke Pedan. Sementara korban naik motor melaju dari arah berlawanan.


"Sepeda motor dari arah berlawanan. Sampai di TKP truk berusaha menghindari motor di depannya yang mengurangi kecepatan," jelasnya.

Truk berusaha membanting setir ke kanan tetapi ada motor korban dari arah berlawanan. Karena jarak sudah dekat maka terjadi benturan.

"Karena jarak sudah dekat maka terjadi benturan. Setelah terjadi benturan truk terguling menimpa tembok talut jembatan dan pengendara motor," paparnya.

Penyebab kecelakaan masih didalami dan barang bukti kendaraan sudah diamankan. Pengendara motor selamat karena truk tidak langsung menimpanya.

"Truk menimpa tembok talut jembatan dulu, motor di bawahnya sehingga tidak langsung tertimpa truk. Ada ruang antara truk dan talut jembatan sehingga hanya luka ringan," imbuh Slamet.

Sementara itu sopir truk, Waldiono (49), menuturkan saat kejadian dirinya hendak mengangkut kayu jati dari Gunungkidul ke Jepara. Setiba di lokasi dirinya hendak menghindari pemotor yang akan menyeberang jalan.

"Mau menghindari dua anak sekolah mau menyeberang, boncengan. Mereka berhenti di tengah saya kaget," ungkap Waldiono, warga Sambeng, Gunungkidul, tersebut.

Saat banting kanan, kata Waldiono, justru ada motor dari arah berlawanan. Dia mengira jaraknya masih jauh dengan sepeda motor.

"Ya ada sepeda motor tapi saya lihat jaraknya masih jauh tadi. Ya namanya halangan, kalau saya tidak banting kena anak sekolah yang berhenti mendadak," jelasnya.

Pantauan detikJateng, lokasi truk terbanting berada di tepi jalan depan gapura Dusun Jembangan. Di lokasi terdapat saluran air dan truk menimpa tembok talut jembatan tersebut.

Kondisi truk nomor polisi AB 8274 GD rusak ringan. Demikian juga sepeda motor nomor polisi AD 4046 KC warna biru rusak di bagian bodi.



Simak Video "Terekam CCTV! Aksi Emak-emak di Polman Curi Duit di Toko Mainan"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/mbr)