Kesehatan

5 Cara Alami untuk Redakan Sakit Kepala yang Mengganggu

Tim detikJateng - detikJateng
Selasa, 02 Agu 2022 02:01 WIB
Ilustrasi Sakit Kepala
Ilustrasi sakit kepala. Foto: Shutterstock/
Solo -

Sakit kepala memang mengganggu. Rasa nyeri di kepala ini bisa terjadi kapan saja dan bisa mengurangi produktivitas sehari-hari.

Sungguh merepotkan saat sakit kepala menyerang dan kita sedang sendirian di rumah. Tidak ada yang bisa dimintai tolong untuk membeli obat di apotek.

Sedangkan pergi ke luar rumah, apalagi menggunakan kendaraan, bisa berisiko. Sakit kepala bisa mengganggu konsentrasi.


Saat menghadapi situasi demikian tidak ada salahnya kita mencoba meredakan sakit kepala dengan cara-cara alami. Dikutip dari detikHealth, ada beberapa cara pengobatan alami sakit kepala yang bisa dicoba.

Namun, jika sakit kepala tidak kunjung reda, kamu bisa membeli obat ke apotek atau berkonsultasi ke dokter untuk penanganan yang paling tepat.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Dalam beberapa kasus, sakit kepala sebenarnya hanya sebuah gejala dari adanya gangguan kesehatan. Salah satu yang umum terjadi, sakit kepala merupakan akibat dari kekurangan cairan atau dehidrasi.

Agar sakit kepala mereda, masalah dehidrasi harus kita selesaikan, salah satunya adalah makan buah yang mengandung banyak cairan dan minum air putih yang cukup.

2. Kompres Air Dingin

Menggunakan kompres dengan air dingin dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala. Kompres air dingin atau es ke leher atau area kepala dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah. Hal ini dapat membantu mengurangi sakit kepala.

3. Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi, dapat meredakan sakit kepala. Kafein dapat meningkatkan mood, meningkatkan kewaspadaan, dan menyempitkan pembuluh darah, yang dapat memberikan efek positif pada gejala sakit kepala.

Namun tentunya cara ini harus dihindari bagi orang yang mengalami sakit kepala akibat tekanan darah tinggi.

4. Minyak Esensial

Minyak esensial adalah cairan dengan konsentrasi tinggi yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai tumbuhan. Sebuah studi European Neurology mengamati menghirup minyak esensial lavender bisa bermanfaat untuk mengobati migrain.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa menghirup minyak esensial lavender merupakan cara yang efektif dan aman untuk meredakan nyeri migrain.

5. Tidur yang Cukup

Dalam banyak kasus, sakit kepala menjadi akibat dari kurang tidur. Beberapa orang sering mengeluh pusing saat durasi tidurnya terlalu singkat.

Namun, tidur yang terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit kepala. Karena itu, upayakan tidur yang cukup dan wajar setiap hari.



Simak Video "Asyiknya Menyusuri Gua Sumitro di Kulon Progo"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/rih)