Kesehatan

Cara Mengatasi Mual Ringan hingga Sedang, Berikut 10 Langkahnya

Tim detikJateng - detikJateng
Jumat, 29 Jul 2022 02:00 WIB
ilustrasi mual muntah
Ilustrasi mual. Foto: iStock
Solo -

Mual adalah perasaan tidak nyaman di perut yang membuat terasa mau muntah. Ada berbagai penyebab mual, mulai dari virus, kondisi pencernaan, kehamilan, atau bau tak sedap. Dikutip dari laman resmi healthline, berikut 10 cara mengatasi mual atau menghilangkan mual dengan cara sederhana.

Jika mual yang terasa belum sampai menimbulkan kram perut, nyeri pada dada, penglihatan kabur, demam tinggi, hingga sakit kepala berat, cara mengatasi mual berikut ini bisa kamu coba. Tapi jika mual yang terasa disertai penyakit lain, segeralah konsultasi ke dokter.

10 Cara Mengatasi Mual:

1. Hindari Meremas Perut

Cara mengatasi mual yang pertama ialah berbaring dengan tubuh bagian atas dalam posisi lebih tinggi, misalnya diganjal dengan beberapa bantal. Selama dalam posisi tersebut, usahakan jangan banyak bergerak. Hindari meremas perut, karena rasa mual bisa semakin parah.


2. Duduk di Depan Kipas Angin

Buka jendela untuk memasukkan udara segar dari luar. Kalau sedang berada di ruangan yang tidak berjendela, cara mengatasi mual yang kedua ini bisa dilakukan dengan duduk menghadap kipas angin. Embusan angin segar bisa mengusir hawa panas dan bau tak sedap yang dapat memicu rasa mual.

3. Kompres Leher Belakang

Cara menghilangkan mual yang ketiga ialah meletakkan kompres dingin di leher belakang. Selain untuk menurunkan suhu tubuh, cara ini juga bisa membuat rasa nyaman dan tenang.

4. Pijat Akupresur

Pijat akupresur menggunakan ibu jari atau ujung jari secara memutar searah jarum jam merupakan cara menghilangkan mual yang keempat. Pijat di pergelangan tangan bagian dalam, sekitar 6,4 sentimeter ke bawah, di antara dua tendon besar selama beberapa menit untuk meredakan mual.

5. Tarik Nafas Dalam

Menarik nafas dalam-dalam, menahannya selama tiga detik, lalu mengembuskannya secara perlahan dan berulang-ulang merupakan cara mengatasi mual yang kelima. Mengatur nafas seperti dalam meditasi ini juga dapat menenangkan pikiran.

6. Alihkan Perhatianmu

Semakin kamu pikirkan tentang mual itu, maka rasanya akan semakin mengganggu. Maka itu cara menghilangkan mual yang keenam ialah mengalihkan fokus perhatianmu dari rasa mual itu sendiri. Bisa dengan membaca buku, menonton televisi, atau melakukan pekerjaan ringan.

7. Banyak Minum

Mual termasuk salah satu gejala dari dehidrasi. Jika minum air putih membuat mual semakin terasa, kamu bisa minum teh sebagai pengganti untuk cara mengatasi mual.

9. Buat Jus Lemon

Lemon mengandung asam sitrat, senyawa alami yang dapat membantu pencernaan dan menenangkan perut. Coba tambahkan jus lemon segar ke dalam air dan teguk sepanjang hari sebagai cara mengatasi mual yang kesembilan. Bisa juga dengan mengiris lemon segar jadi dua dan hirup aromanya.

10. Kunyah Secuil Jahe

Jahe juga dikenal efektif untuk mengatasi mual ringan hingga sedang, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan. Caranya, makanlah sepotong kecil jahe segar atau buat minum teh jahe.

Cara membuat teh jahe yaitu menuangkan secangkir air mendidih ke sepotong jahe segar yang sudah dikupas. Rendam selama lima menit, saring, lalu minum dalam kondisi hangat.



Simak Video "Warga Solo Masih Bisa Nonton Siaran TV Analog Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/ahr)