Kapan Masyarakat Umum Vaksin Corona Booster Kedua? Ini Kata Kemenkes

Nasional

Kapan Masyarakat Umum Vaksin Corona Booster Kedua? Ini Kata Kemenkes

Tim detikHealth - detikJateng
Senin, 01 Agu 2022 16:24 WIB
Vaksin booster jadi syarat masuk mall dan berbagai tempat umum lainnya. Aturan ini sebagai langkah untuk mengantisipasi kenaikan kasus COVID-19.
Ilustrasi vaksin booster. (Foto: Getty Images/iStockphoto/SilverV)
Solo -

Vaksin Corona atau COVID-19 dosis keempat atau booster kedua sudah mulai diberikan kepada tenaga kesehatan sebagai kelompok prioritas pada Jumat (29/7). Kapan vaksin booster kedua akan diberikan untuk masyarakat umum?

"Kelompok risiko tinggi lainnya akan menyusul nanti, seperti usia lanjut dan komorbid. Sedangkan untuk masyarakat kita tunggu dulu karena prioritas kita saat ini kan vaksin booster yang pertama (dosis ketiga) baru 26,8 persen," jawab juru bicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril, dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kemenkes, Senin (1/8/2022).

Dia menjelaskan target cakupan vaksinasi Corona booster pertama yakni 50 persen. Namun Menkes Budi Gunadi Sadikin, kata dia, meminta targetnya kini menjadi 70 persen.


"Jadi fokus kita saat ini sama-sama kita meningkatkan minimal 50-70 persen," sambungnya.

Syahril menjelaskan vaksinasi COVID-19 booster pertama bagi nakes sudah dimulai sejak 9-12 bulan lalu. Sementara tingkat antibodi dari vaksin menurun dalam hitungan beberapa bulan sejak suntikan vaksin COVID-19 terakhir.

Sehingga diputuskan nakes sebagai garda terdepan kini menjadi prioritas sasaran vaksinasi COVID-19 booster kedua.

"Ini (booster kedua) diberikan kepada nakes yang 1,9 juta (orang) itu karena apa? Pertama, tenaga kesehatan kita sudah 9-12 bulan lalu melakukan booster pertama (atau) vaksin ketiga sehingga efektivitas antibodinya menurun," jelasnya.

"Subvarian baru kemampuannya menghindari dari antibodi tadi dia bisa meloloskan dan orang bisa sakit. Karena itu apalagi kalau antibodinya sedikit atau berkurang, sekarang diberikan nanti agar antibodinya naik lagi," pungkas Syahril.



Simak Video "7 Kombinasi Vaksin Covid-19 untuk Booster Kedua Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/rih)