Terpopuler Sepekan

Rencana Fashion Show Jalanan di Solo Dihadang Larangan Polisi

Tim detikJateng - detikJateng
Sabtu, 30 Jul 2022 17:27 WIB
Warga Solo akan mengadakan Fashion on the street ala Citayam.
Warga Solo akan mengadakan Fashion on the street ala Citayam. (Foto: Istimewa)
Solo -

Demam Citayam Fashion Week telah menular ke berbagai daerah, termasuk di Kota Solo. Sejumlah warga akan menggelar fashion show di zebra cross Jalan Jenderal Sudirman, Solo. Namun akhirnya dilarang polisi dan panitia memutuskan menunda penyelenggaraan.

Rencana Awal

Koordinator acara dari Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Solo Raya, Daniel Yugusta Chris Valiantdra membenarkan pihaknya turut mengambil momen Citayam Fashion Week yang sedang hangat diperbincangkan. Selain itu, dia juga ingin meramaikan ASEAN Para Games yang akan dilangsungkan di Solo.

"Betul, ini memang momennya Citayam Fashion Week itu. Tapi kita juga ingin meramaikan momen ASEAN Para Games. Kita ingin mengenakan fashion dengan tema lokal kita," kata Daniel saat dihubungi detikJateng, Selasa (26/7).


Menurutnya, sudah ada puluhan orang yang ingin turut serta dalam acara tersebut. Adapun fashion lokal yang dia maksud ialah menggunakan motif batik maupun lurik.

Titik lokasi catwalk yang akan dipakai ialah di zebra cross Bank Indonesia. Lokasi itu dipilih karena banyak bangunan kuno di sekitarnya. Rencananya fashion show ini akan digelar Sabtu (30/7).

Terkait izin, Daniel mengatakan saat ini tengah dalam proses pengajuan. Dia berharap acara dapat berlangsung dengan lancar.

"Izin sudah dalam proses, besok kita ke Polresta Solo," pungkasnya.

Didukung Gibran

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mendukung acara semacam itu. Gibran hanya berpesan agar acara digelar dengan tertib sehingga tidak terjadi kemacetan.

"Nggak apa-apa, yang penting tertib. Kita dukung," kata Gibran kepada wartawan, Selasa (26/7).

Mengenai lokasi fashion show di zebra cross Jalan Jenderal Sudirman, Gibran masih menunggu kajian Dinas Perhubungan dan Satuan Lalu Lintas Polresta Solo. Tidak menutup kemungkinan acara tersebut dipindahkan ke tempat lain.

"Kita sudah punya banyak tempat untuk itu. Ya monggo digunakan sesuai kebutuhan. Sing penting tertib (yang penting tertib), pakaiannya sopan," katanya.

Dilarang Polisi

Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak mewanti-wanti agar warga Solo tidak menggelar kegiatan serupa di jalan. Ade menegaskan bahwa jalan maupun trotoar memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi yang dimaksud bukanlah untuk kegiatan seperti fashion show.

"Jalan itu seharusnya diperuntukkan sesuai dengan fungsinya, baik itu penggunaan trotoar, di mana fenomena Citayam Fashion Week itu trotoar digunakan digunakan sebagai tempat parkir dan tempat berkumpul sehingga mengganggu pejalan kaki," kata Ade saat dihubungi detikJateng, Kamis (28/7).

Meski demikian, Ade Safri mengaku belum menerima pemberitahuan tentang kegiatan itu.

"Belum ada pemberitahuan itu. Tetapi jelas kita larang. Kita koordinasi efektif dengan pemerintah kota, dinas pariwisata kebudayaan, mungkin ada jalan tengah menyiapkan spot khusus untuk menyalurkan hobi tersebut, tapi tidak di jalan," pungkasnya.

Halaman selanjutnya, acara batal digelar...



Simak Video "Kerumunan Citayam Fashion Week Dibubarkan, Parkir Liar Ditertibkan"
[Gambas:Video 20detik]