Penyakit Asam Lambung Menurut Ahli Gizi Unair, Awas Gastritis!

Tim detikJateng - detikJateng
Rabu, 27 Jul 2022 05:31 WIB
Makanan untuk cegah asam lambung
Ilustrasi. Foto: iStock
Solo -

Penyakit asam lambung jangan dianggap sepele. Menurut hasil penelitian dalam Jurnal Gizi Indonesia yang diterbitkan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) pada 2022, faktor asam lambung sangat berperan dalam timbulnya penyakit gastritis. Apa itu gastritis, berikut penjelasannya.

Dikutip dari jurnal Riwayat Makanan yang Meningkatkan Asam Lambung sebagai Faktor Risiko Gastritis (Gizi Indonesia Vol 45 No 1, 2022), gastritis adalah salah satu gangguan pencernaan yang banyak diderita masyarakat dunia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, gastritis adalah peradangan selaput lendir pada lambung atau maag. Gastritis juga sering disebut tukak lambung. Penyakit ini sering ditandai dengan rasa nyeri pada bagian ulu hati.


Produksi asam lambung yang berlebihan akan menyebabkan suasana pada lambung menjadi sangat asam sehingga rentan terjadi iritasi atau luka pada mukosa lambung. Mukosa adalah selaput lendir atau lapisan jaringan yang membatasi rongga saluran cerna dan saluran napas.

Dikutip dari jurnal karya Arikah dan Lailatul Muniroh, dua peneliti dari Departemen Gizi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga Surabaya, berikut beberapa faktor pemicu gastritis.

Faktor Pemicu Gastritis

1. Konsumsi Tinggi Protein

Pola makan tinggi protein dalam menu harian dapat memicu tingginya sekresi asam lambung. Sekresi adalah pengeluaran hasil kelenjar atau sel secara aktif. Faktor penyakit asam lambung sangat berperan pada penyakit gastritis.

Gastritis bisa timbul dari penyakit asam lambung. Tidak seimbangnya asam lambung dapat mengakibatkan iritasi mukosa pada dinding lambung. Mukosa adalah selaput lendir atau lapisan jaringan yang membatasi rongga saluran cerna dan saluran napas.

Meski makanan mengandung protein itu juga bergizi tinggi, disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya tiap hari. Bisa juga disajikan dengan sayuran. Sebab, sayuran kaya akan mineral dan bersifat basa dalam tubuh, sehingga dapat mengimbangi sifat asam dari hasil mencerna enam makanan dan minuman berikut ini.

  • Susu
  • Daging ayam
  • Daging sapi
  • Ikan
  • Telur
  • Protein Nabati

2. Makanan Pedas dan Minum Kopi

Kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas dan minum kopi juga dapat memicu terjadinya gastristis. Sebab, makanan pedas bersifat merangsang organ pencernaan dan dapat menimbulkan iritasi pada lapisan mukosa lambung.

Sedangkan kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan aktivitas produksi asam lambung. Produksi asam lambung berlebihan inilah yang dapat mengakibatkan terjadinya gastritis karena peradangan pada dinding lambung.

3. Di Luar Faktor Makanan

Selain faktor makanan, gastritis juga bisa disebabkan oleh tingkat stress, faktor usia, tingkat pengetahuan, dan kebiasaan merokok.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aku)