Delon hingga Nella Kharisma Bakal Meriahkan Opening ASEAN Para Games

Bayu Ardi Isnanto - detikJateng
Rabu, 20 Jul 2022 14:08 WIB
Rajamala menjadi maskor ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo.
Rajamala menjadi maskor ASEAN Para Games 2022 di Kota Solo. (Foto: dok Pemkot Solo)
Solo -

Upacara pembukaan ASEAN Para Games XI Indonesia akan digelar di Stadion Manahan Solo, 30 Juli 2022. Sejumlah artis lokal, nasional, hingga internasional bakal dihadirkan untuk memeriahkan acara pembukaan tersebut.

Sekjen Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) Rima Ferdianto menyebut ada beberapa penyanyi yang bakal menyanyikan lagu tema dari ASEAN Para Games yakni Striving for Equality.

"Theme song nanti yang bahasa Inggris dinyanyikan Delon, bahasa Indonesia dinyanyikan Nella Kharisma. Ada juga penyanyi dari Jepang, ada Ricardo Rio, ada kolaborasi musik dari Dwiki Darmawan. Dari penyandang disabilitas ada Arda," kata Rima di Balai Kota Solo, Rabu (20/7/2022).


Dia menyebut akan ada pertunjukan dengan menonjolkan kebudayaan Indonesia. Kegiatan itu juga akan banyak melibatkan seniman lokal.

"Yang paling penting adalah banyak seniman Solo, semua terlibat di opening closing ini. Di semua segmen itu harus sebanyak mungkin melibatkan pekerja dan seniman Kota Solo," ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc) Gibran Rakabuming Raka mengatakan sepekan sebelum pembukaan akan digelar torch relay atau pawai obor. Acara tersebut diselenggarakan saat car free day (CFD), Minggu (24/7).

"Nanti mulai jam enam di car free day dari Purwosari ke Balai Kota. Nanti peserta ada Forkopimda, mantan atlet, kalau artis kita pindah ke opening semua, karena besok sudah ada menteri juga," katanya.

Sedangkan terkait upacara pembukaan, Gibran mengatakan akan disaksikan 10 ribu penonton di Stadion Manahan Solo. Acara dimulai pukul 19.00 WIB.

"Tapi sebelumnya sudah ada preshow sebelum opening, isinya band-band semua. Bisa datang jam 17.00 sudah main bandnya. Yang tidak bisa nonton langsung, silakan nonton di televisi," pungkasnya.



Simak Video "Kontingen Indonesia Sumbang Medali Emas dari Cabor Catur"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/rih)