Kesehatan

Tak Cuma Bikin Hangat, Ini 5 Khasiat Jahe untuk Tubuh

Tim detikFood - detikJateng
Rabu, 20 Jul 2022 02:01 WIB
tea with ginger, lemon and thyme on old wooden background
Ilustrasi minuman jahe. Foto: Getty Images/iStockphoto/natashamam
Solo -

Jahe merupakan tumbuhan yang bisa diolah menjadi minuman hangat. Tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai bumbu saat memasak.

Tanaman dengan nama Latin Zingiber officinale ini merupakan tumbuhan dari famili Zingiberaceae yang berasal dari Asia Pasifik. Tumbuhan ini banyak dijumpai di Sumatra Utara, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tidak hanya membuat badan menjadi hangat, jahe juga memiliki sejumlah khasiat yang banyak bermanfaat bagi tubuh kita. Dikutip dari detikFood, berikut ini adalah beberapa khasiat dari tanaman jahe.


1. Meningkatkan Fungsi Otak

Jahe memiliki kandungan antiinflamasi yang bisa meningkatkan fungsi otak. Dalam beberapa penelitian, jahe juga bisa mencegah depresi, kecemasan hingga Alzheimer.

Dengan mengonsumsi jahe secara teratur dapat menghambat proses peradangan yang terjadi pada otak.

2. Meredakan Nyeri Otot

Sifat antiinflamasi yang ada pada jahe tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak, tetapi juga bisa mengurangi rasa sakit pada nyeri otot. Khasiat jahe ini juga telah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Pain tersebut menunjukkan bahwa jahe membantu dalam mengobati osteoarthritis lutut. Selain itu juga mengurangi rasa sakit sendi akibat rheumatoid arthritis.

3. Meredakan Mual

Jika anda mabuk saat berada di perjalanan, minum minuman jahe atau makan permen jahe bisa menjadi pilihan. Salah satu khasiat jahe adalah mampu mengurangi rasa mual.

Khasiat jahe ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian. Dalam ulasan 12 studi yang memantau 1.278 wanita hamil, mengkonsumsi jahe terbukti secara signifikan mengurangi rasa mual mereka.

Selain itu, ada juga penelitian yang menemukan khasiat jahe yang dapat mencegah muntah-muntah pasca operasi dan pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Khasiat lainnya di halaman berikutnya